NewsSulsel

Kunjungi Tiga Rumah Sakit, Menkes dan PJ Gubernur Sulsel Pastikan Pelayanan Berkualitas

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersama Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, Sabtu, 20 Januari 2024, melakukan kunjungan ke tiga rumah sakit milik pemerintah. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan bahwa rumah sakit-rumah sakit tersebut memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

Tiga rumah sakit yang dikunjungi masing-masing, Rumah Sakit Labuang Baji yang merupakan milik Pemerintah Provinsi Sulsel, dan dua rumah sakit Kemenkes RI, yakni Rumah Sakit Mata Makassar dan Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid.

Menkes dan gubernur melihat langsung fasilitas-fasilitas yang ada di dalam rumah sakit tersebut. Termasuk ruang perawatan pasien, ruang operasi, serta fasilitas penunjang lainnya seperti laboratorium dan apotek. Hadir juga Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham.

Baca Juga: Beroperasi Juli 2024, Sulsel Segera Miliki Rumah Sakit Jantung, Otak, dan Kanker

Selain itu, mereka juga berdiskusi dengan para tenaga medis dan staf rumah sakit untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan yang-dihadapi oleh masing-masing rumah sakit.

Kunjungan pertama di Rumah Sakit Labuang Baji di Jalan DR. Ratulangi Nomor 81, Labuang Baji, Kecamatan Mamajang, melihat layanan Hemodiliasis, Mammografi, CT-Scan, Direct Radiografi, MRI dan berbagai ruang poli dan klinik urologi.

Kunjungan ini juga merupakan upaya dari Menteri Kesehatan untuk memastikan bahwa bantuan alat medis kesehatan yang-diberikan Kemenkes digunakan dengan efektif dan efisien. Dengan meninjau langsung kondisi rumah sakit, mereka dapat melihat apakah telah-digunakan dengan tepat untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Bagikan Benih Cabai ke Kabupaten Kota

“Kita meninjau rumah sakit provinsi, karena Kementerian Kesehatan memberikan bantuan alat untuk penyakit-penyakit kritis seperti stroke, jantung dan ginjal,” kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

“Kita ingin lihat, apakah alat ini sudah di pasang, kedua sudah di gunakan. Ketiga, apakah banyak pasiennya. Alhamdulillah alatnya sudah di pakai. Ada beberapa yang memerlukan bantuan perizinan kita bantu dan ada memang beberapa dokternya belum ada,” jelasnya.

Adapun untuk kebutuhan dokter, kekurangan yang ada akan di penuhi. Namun, ia mengharapkan agar berasal dari putra dan putri daerah. Pertimbangannya, agar mereka saat bekerja tidak meminta pulang ke kampung halaman. Demikian juga dengan beasiswa di berikan Kementerian Kesehatan.

“Kalau bisa putra daerah, supaya kalau mereka kerja, tidak berpikir lagi untuk pulang ke daerah asalnya,” sebutnya.

Baca Juga: Beri Motivasi, Pj Gubernur Sulsel Minta Jajaran Bapenda dan BKAD Berinovasi Tingkatkan Pendapatan

Ia menilai rumah sakit ini cukup bersih dengan peralatan rumah sakit yang lengkap. “Rumah sakit ini bersih, sudah kita kasih alatnya banyak. Kita doakan dokternya lebih lengkap,” ujarnya.

Sedangkan, di Rumah Sakit Mata Makassar di lingkar Barat Tallasa City, Menkes dan gubernur meninjau IGD, Poli Eksekutif, ICU dan Ruang Recovery. Serta ruang kamar operasi. Sedangkan di Jalan Paccerakkang No.67, Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, di Rumah Sakit Dr Tajuddin Chalid, mengecek gedung poliklinik. Juga, ruang farmasi, radiologi, rehabilitasi center, ruang rawat inap dan poliklinik haji.

“Kunjungan bersama Bapak Menteri ini, memberikan masukan berharga dalam merencanakan langkah-langkah perbaikan yang-diperlukan. Untuk meningkatkan sistem pelayanan kesehatan di Sulsel,” kata Bahtiar Baharuddin. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button