NewsSulsel

Pj Gubernur Bahtiar Tinjau Lahan Hibah Warga untuk Pembangunan Posal TNI AL di Bone

BONE, NEWSURBAN.ID – Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, bersama Asrena Lantamal VI Makassar Kolonel Laut Yusup Yanto, dan Pj Bupati Bone A Islamuddin, melakukan peninjauan lahan untuk pendirian Pos Angkatan Laut (Posal) TNI AL di Dusun Ujung Pattiro, Kampung Borong Kalukue, Desa Pattirosompe, Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone, Minggu, 26 November 2023. Lahan seluas 5 hektar tersebut merupakan hibah dari seorang warga yakni H Amir Bandu.

Bahtiar menyampaikan, beberapa waktu lalu bersama Danlantamal dan jajaran membahas tentang keamanan laut khususnya di wilayah Teluk Bone. Hal ini juga terkait hadirnya IKN, sehingga ke depan lalu lintas ekonomi di wilayah ini akan semakin meningkat.

Bahtiar kemudian mendorong Bupati Bone, Bupati Wajo, Bupati Luwu dan Wali Kota Palopo, agar bersinergi dengan Danlantamal, agar menyiapkan lahan untuk pendirian posko tersebut.

Baca Juga: Program Ketahanan Pangan, Pj Gubernur Sulsel Tebar 21.000 Benih Ikan di Kolam Desa Wollangi

Ia bercerita, setelah dua pekan mencari, akhirnya lahan tersebut ditemukan. Bupati Bone menyampaikan seorang warga bersedia mengibahkan lahannya untuk kepentingan negara dan perkembangan wilayahnya.

“Ternyata di Bone banyak orang baik yang mau mengikhlaskan harta bendanya. Secara pribadi diserahkan kepada negara. Beliau Haji Amir Bandu, lahan ini akan dihibahkan untuk pendirian Pos Angkatan Laut untuk kepentingan negara,” kata Bahtiar.

“Maka sebagai gubernur, saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Haji Amir Bandu yang telah mengikhlaskan lahannya untuk negara,” ucapnya.

Menurut Bahtiar, Sulsel memiliki dimensi udara, darat dan laut yang harus kuat keamanannya. Belum lagi posisinya yang strategis di Indonesia. Dari sisi laut Sulsel luar biasa. Investasi dan usaha tengah berkembang. Maka sektor utama adalah keamanan, selain di darat dan udara juga di laut. Apalagi, masyarakat kita banyak yang mata pencariannya sebagai nelayan.

“Di sini juga ada banyak pelabuhan penyeberangan, di sini Bajoe, pelabuhan barang dan orang serta segala macamnya yang tentu dari sisi keamanan laut juga harus kita antisipasi,” sebutnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Bahtiar Bagikan Bibit Cabai di Lapangan Merdeka

Warga pemberi hibah, Amir Bandu, mengaku bersyukur bisa memberikan kontribusi bagi negara dengan menghibahkan lahannya.

“Jangankan harta, nyawapun saya mau. Ini bukan milik kita, ini milik Allah SWT. Saya bersyukur dengan ada ini, mungkin kampung kita akan lebih aman nanti, bisa juga naik perekonomian karena adanya keamanan ini,” ujarnya.

Kolonel Laut Yusup Yanto, menyampaikan, pihak Angkatan Laut berterima kasih atas hibah tanah ini. Tanah yang diberikan dengan luas lima hektar sudah memenuhi syarat untuk pembangunan satu posal.

Ia menjelaskan, di sekitar Teluk Bone tidak atau belum ada lanal, TNI AL kemungkinan akan mengembangkan posal yang ada di Malili untuk ditingkatkan menjadi lanal. Demikian juga di Selayar sudah akan proses Lanal kelas C.

Bupati Bone, A Islamuddin, menyampaikan akan menindaklanjuti proses hibah ini secepatnya.

“Harapan kami dengan hadirnya posal ini akan menambah lagi pertumbuhan Kabupaten Bone. Apalagi ada program besar Pak Gubernur untuk mencoba memfungsikan Pelabuhan Pattiro Bajo. Jarak ke sini hanya 5-15 menit,” ungkapnya. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button