NasionalNewsNusantara
Trending

BNPB Akan Bangun Rumah Rusak dan Berikan Dana Tunggu Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan membangun kembali rumah warga yang rusak akibat erupsi Gunung Semeru. BNPB juga akan memberikan dana tunggu kepada mereka yang terdampak untuk menyewa rumah sementara selama 6 bulan.

LUMAJANG, NEWSURBAN.ID Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M mengatakan, seiring dengan penanganan tanggap darurat bencana erupsi Gunung Semeru yang sedang berjalan, pihaknya secara paralel juga akan mempersiapkan penanganan pascabencana bagi warga yang terdampak.

Ia menegaskan, BNPB akan memberikan dana tunggu kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan. Baik rusak sedang hingga berat akibat tertimbun abu vulkanik.

Baca Juga: BNPB Terjunkan TRC dan Kirim Logistik Penanganan Darurat ke Lumajang Jawa Timur

“Kami akan membangun kembali rumah warga yang rusak. Selagi menunggu terbangun, kami akan berikan dana tunggu kepada mereka yang terdampak untuk menyewa rumah sementara selama 6 bulan,” jelas Suharyanto dalam rapat koordinasi tanggap sarurat bencana, Minggu (5/12) di Kantor Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga: Korban Erupsi Gunung Semeru: 14 Orang Tewas, 56 Luka Berat dan Ringan

Kepala BNPB berharap selama 6 bulan tersebut, rumah warga yang terdampak sudah dapat terbangun kembali di lokasi yang lebih aman.

Kata dia, saat ini, rencana pembangunan menunggu perizinan untuk penggunaan lahan dari pemerintah daerah.

“BNPB bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Dinas PUPR akan terus mengawal perizinan tersebut,” tambahnya.

Baca Juga: Kepala BNPB Letjen Suharyanto Terbang ke Lumajang Jawa Timur

Sementara itu, Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Jarwansah, S.Pd., M.A.P., M.M., mengatakan, setiap KK yang rumahnya mengalami kerusakan dan tidak dapat mereka tinggali kembali, akan mendapatkan sebesar Rp500 ribu setiap bulannya selama kurun waktu 6 bulan.

Hingga saat ini BNPB, BPBD, dan instansi terkait masih melakukan asesmen dan pendataan cepat kerusakan rumah yang timbul akibat kejadian bencana erupsi Gunung Semeru.

Berita Pilihan Redaksi: Korban Erupsi Gunung Semeru: 14 Orang Tewas, 56 Luka Berat dan Ringan

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button