NewsNusantaraSulteng

Bangun PLTA Sigi, Wabup Samuel Pongi Belajar ke PLTA Singkarak Sumbar

BUKIT TINGGI, NEWSURBAN.ID – Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kabupaten Sigi, Wakil Bupati (Wabip) Sigi Dr. Samuel Yansen Pongi, SE.,M.Si yang-didampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sigi, beserta tim lakukan kunjungan belajar ke PLTA Singkarak, di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

Wabup Sigi dan rombongan kunjungan belajar ke PLTA Singkarak, dalam rangka mempelajari Sistem Ketenagalistrikan wilayah Sumatera Barat.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten 2 Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala BTNLL beserta jajaran, Akademisi Universitas Tadulako Palu. Juga, Camat Gumbasa, Camat Palolo, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Bidang Pariwisata. Serta, Kabid Pekerjaan Umum Kabupaten Sigi.

Baca Juga: Wabup Sigi Bersama Sekda Sigi Hadiri Perayaan Natal dan Syukur Tahun Baru POPTKK

Rombongan tiba di PLN UBP Bukit Tinggi yang di terima oleh I Nyoman Buda selaku Manajer UBP Bukittinggi.

Kepada Wabup Sigi dan rombongan, Nyoman menyampaikan, selain PLTA Singkarak, UBP Bukittinggi juga mengoperasikan PLTA Maninjau dan PLTA Batang Agam.

Kata Nyoman, ketiga PLTA ini menghasilkan suplai listrik hingga 10.000 MW. Sehingga UBP Bukittinggi berkontribusi cukup besar pada suplai listrik dari sumber energi baru terbarukan (EBT) di Sumbar yang telah mencapai 55,29%.

Baca Juga: Wabup Sigi Pimpin Rapat Bahas Penanganan Tanaman Sawit

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Dr. Samuel Pongi menyampaikan maksud dan tujuan Pemda Sigi melakukan kunjungan belajar ini. Yaitu ingin mengetahui tata cara perizinan, pembangunan, dampak. Serta manfaat bagi masyarakat maupun daerah dengan adanya pembangunan PLTA di Kabupaten Sigi.

Wabup berharap, dengan terbangunnya PLTA di daerahnya, dapat memunuhi kebutuhan listrik di Sulawesi Tengah. Khususnya Kabupaten sigi. Selain itu, dapat menyerap tenaga kerja lokal serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat maupun Daerah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button