NewsSulsel

Pj Gubernur Bahtiar Tinjau Dua Kawasan Industri Potensial di Sulsel

TAKALAR, NEWSURBAN.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, tinjau langsung dua kawasan industri terpadu di Sulsel, Jumat, 22 September 2023. Yakni Kawasan Industri Bantaeng (KIBA) dan Kawasan Industri Takalar (KITA).

Usai meninjau kedua kawasan industri tersebut, Bahtiar menyampaikan, kebijakan membangun daerah harus sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi. Dimana, harus ada investasi swasta yang terlibat.

“Cara membangun sesuai perintah Bapak Presiden itu adalah investasi, harus ada swasta yang masuk. Nah swasta ini bisa masuk kalau ada kawasan. Jadi kalau sudah ada kawasan terpadu, itulah yang dilakukan negara-negara seperti Vietnam, Thailand saat ini. Investasi besar-besaran masuk di sana. Kalau anda ke Vietnam hari ini, minggu depan sudah bisa bangun pabrik,” jelasnya.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Serahkan Bantuan 8 Unit Kapal Nelayan di Bulukumba

Menurut dia, negara-negara lain dapat mencapai tergetnya menarik investor untuk berinvestasi di daerah-daerah potensial. Namun, di Indonesia, salah satu kendala adalah proses birokrasi pemerintahan.

“Kita lama sekali, masuk hari ini bisa dua tahun nggak selesai. Nah ini saya kira bangun Kawasan Industri Takalar ini, ada mungkin 2.000 atau 3.000 hektare lahan akan di siapkan. Ini bisa masuk banyak industri di sini, listrik sudah jelas, lahan sudah jelas, air sudah ada, pelabuhannya sudah jelas,” terangnya.

Ia mengatakan, pihak pemerintah kabupaten kota maupun Pemprov Sulsel harus menciptakan sistem pelayanan terbaik kepada seluruh calon investor, tanpa ada administrasi yang berbelit-belit.

“Ini adalah satu sistem pelayanan untuk menarik investasi. Dan ini adalah lahan-lahan tidak produktif yang selama ini menjadi lahan tandus. Kita ingin mengubah lahan tandus ini menjadi sumber ekonomi kawasan,” lanjutnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Akan Cek Inflasi Seluruh Daerah di Sulsel

Menurut dia, khusus untuk KIBA sendiri harus di upayakan segera mungkin untuk di atasi kebutuhan pihak perusahaan multi nasional soal penambahan tenaga listrik, agar investor terus masuk di Sulsel.

“Beberapa hari lalu saya sampaikan kepada seluruh Bupati dan Wali Kota seluruh Sulawesi Selatan, harus memiliki lahan untuk persiapan kawasan industri. Tapi baru dua yang memiliki kawasan industri di Sulsel, yakni Kawasan Industri Makassar (KIMA) dan Kawasan Industri Bantaeng (KIBA),” pungkasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Takalar, Setiawan Aswad, mengaku sangat bersyukur atas kehadiran Pj. Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin untuk memberikan arahan dan pendapat terhadap kesejahteraan masyarakat di daerah yang dia pimpin.

Untuk itu, dia berterimakasih kepada seluruh pejabat lingkup Pemprov Sulsel dan seluruh OPD Kabupaten Takalar. Serta seluruh Forkopimda lingkup Pemkab Takalar. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button