NewsSulsel

Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik dalam Penerapan SPM

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Sulawesi Selatan (Sulsel) masuk 5 besar provinsi terbaik dalam penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM), bersama Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Jawa Tengah.

Atas keberhasilan tersebut, Pemerintah Provinsi Sulsel di anugerahi penghargaan SPM Awards. Yang di terima Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulsel, Idham Kadir, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 25 April 2024.

Di ketahui, Pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM). Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 2 Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 100 Tahun 2018 yang kemudian diperbaharui dengan Permendagri No. 59 Tahun 2018, mekanisme dan strategi penerapan SPM telah di jabarkan secara rinci.

Baca Juga: Pemprov bersama PKK Sulsel Kampanye Makan Telur untuk Anak dan Ibu Hamil

Tujuan utama dari penerapan SPM adalah untuk meningkatkan komitmen Kepala Daerah dalam menjalankan urusan wajib. Yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan mendorong penerapan SPM di daerah agar di laksanakan secara optimal.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, SPM Awards di adakan sebagai ajang penghargaan bagi Provinsi, Kabupaten, dan Kota. Yang berkinerja terbaik dalam penerapan SPM.

“Sulawesi Selatan masuk dalam lima besar provinsi terbaik dalam penerapan SPM. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami di bawah kepempimpinan Bapak Pj. Gubernur untuk meningkatkan pelayanan publik sesuai dengan standar yang telah di tetapkan,” kata Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sulsel, Idham Kadir, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis, 25 April 2024.

Baca Juga: Pj Gubernur Bahtiar Lantik Pejabat Administrasi dan Pengawas Lingkup Pemprov Sulsel

Indikator penilaian SPM Awards meliputi, Indeks Pencapaian SPM (IP-SPM), komitmen anggaran penerapan SPM. Juga, pelaksanaan sesuai dengan tahapan dalam penerapan SPM, pembentukan dan keaktifan tim penerapan SPM. Termasuk, penyusunan rencana aksi, kualitas dan ketaatan terhadap pelaporan SPM pertriwulan pada aplikasi pelaporan SPM yang berbasis web (e-SPM).

“Pengumuman penerima penghargaan ini menjadi sebuah momen penting dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di Indonesia. Dan merupakan bukti nyata dari komitmen pemerintah daerah dalam menerapkan SPM,” jelas Idham. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button