NewsSulsel
Trending

Perkuat Sinergi Pemerintah Desa dan APH, Andi Mappakaya Amier: Rawatlah Silaturahmi dan Komunikasi

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan menggelar Lokakarya di Hotel Grand Asia, Jl. Boulevard, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (24/12/2021).

Kegiatan tersebut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sulsel, H. Muh. Saleh, Sekretaris Daerah Bone Andi Islamuddin. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bone Andi Gunadil Ukra, H. Muh. Aras Anggota DPR RI Komisi V. Perwakilan dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Pimpinan Bank Sulselbar Bone. Serta ratusan Kepala Desa yang ada di Kabupaten Bone.

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bone, Andi Mappakaya Amier. mengatakan bahwa kegiatan Loka Karya ini mengangkat tema.  “Sinergitas Pemerintah Desa dan Aparat Penegak Hukum (APH) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Inspektorat Daerah Dalam Pembinaan dan Pengawasan Pelaksanaan Pemerintahan dan Pembangunan Desa di Kabupaten Bone”.

Baca Juga: Lantik 177 Kades Terpilih, Bupati Bone Harap Wujudkan Kesejahteraan Tanpa Membedakan Golongan

“Kegiatan kita pada hari ini terjadi karena suatu alasan. Hari ini ada karena ada hari kemarin, hari esok ada karena ada hari ini,” ujarnya.

Alhamdulillah kegiatan kita pada malam ini di mana Loka Karya terkait Sinergitas Aparat Penegak Hukum (APH), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Kementerian Desa, Inspektorat. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin sinergitas antara Desa dan beberapa pihak terkait.

“Perlu saya garis bawahi, yang paling utama adalah silaturahim dan komunikasi, kalau ini berjalan. Tentunya akan ada sinkronisasi antara Pemerintah Desa dan semua pihak terutama APH. Oleh karna itu, ketika komunikasi terjaga semua akan berjalan baik,” tutup Andi Mappakaya Amier.

Mewakili Bupati Bone, Andi Islamuddin Sekretaris Daerah Kabupaten Bone, menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan Loka Karya tersebut. Pasalnya kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat positif dalam proses peningkatan kapasitas Kepala Desa.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada APDESI Kabupaten Bone. Yang telah berupaya maksimal dalam melaksanakan Loka Karya ini. Saya pikir kegiatan ini sangat strategis dalam rangka peningkatan kapasitas Kepala Desa kedepan,” Kata Andi Islamuddin.

Baca Juga: Bantu Percepat Cakupan Vaksin di Bone, Desa Tadang Palie Gelar Vaksinasi Massal

Islamuddin juga menambahkan bahwa APDESI merupakan mitra strategis Pemerintah dalam pembangunan suatu daerah.

“Harus kita akui bahwa APDESI merupakan organisasi pemersatu Kepala Desa tampil sebagai kekuatan strategis. Untuk membangun daerah, baik dari tingkat Pusat, Provinsi hingga Kabupaten sangat terbantu. Dengan proaktifnya pengurus APDESI. Melalui Loka Karya ini, saya ingin menyampaikan agar teman-teman Kepala Desa saling support. Dalam pengelolaan administrasi yang ada di Desa,” tambah Andi Islamuddin.

Sementara itu, mewakili Gubernur Sulawesi Selatan, H. Muh. Saleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan. Menyampaikan bahwa APDESI merupakan tempat atau wadah untuk saling bertukar informasi demi kepentingan Desa.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, kami mengapresiasi atas solidnya dan kompaknya APDESI Kabupaten Bone. Sebagai wadah pemersatu, tempat sharing informasi terkait kepentingan di Desa,” ungkapnya.

Baca Juga: Kasus Cerai di Bone Tembus 1.283 Perkara, Mendominasi Usia 30 Tahun

Muh. Saleh juga mengungkapkan bahwa pengelolaan Dana Desa tidak hanya sekedar menghabiskan anggaran. Tetapi penggunaannya harus lebih bermanfaat untuk suatu kemajuan Desa secara berkelanjutan.

“Dana Desa tidak hanya sekedar untuk kita habiskan. Tetapi, kita kelola untuk hal yang bermanfaat terhadap masyarakat di Desa secara berkelanjutan. Pembangunan Desa sangat kita harapkan partisipasi masyarakat dalam mengawal pengelolaan Dana Desa. Mulai dari perencanaan hingga pelaksanaannya sehingga tidak ada penyimpangan dalam pengelolaannya,” jelas Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mewakili Gubernur Sulawesi Selatan.

Di akhir kegiatan, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bone bersama Bank Sulselbar Cabang Utama Bone. Melakukan penandatanganan MUO terkait Inklusi Keuangan Pemerintahan Desa dengan Produk dan Jasa Perbankan. (fan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com