MetroNews

Rakernas APEKSI XVI Digelar di Makassar, Berikut Rangkaian Acaranya

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Kota Makassar menjadi tuan rumah dalam agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI tahun 2023.

Acara Nasional bertajuk ‘Kota Kita Kuat Kota Kita Hebat’ ini rencananya akan digelar pada 10-14 Juli 2023 mendatang dengan sejumlah rangkaian kegiatan.

Selama lima hari itu, tercatat ada sebelas rangkaian acara yang telah disiapkan Pemerintah Kota Makassar untuk memeriahkan Rakernas APEKSI VXI.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto Mengatakan hingga saat ini persiapan Pemkot Makassar menuju acara dua minggu mendatang kian matang.

Dirinya berharap sejumlah acara yang telah diagendakan saat ini dapat mewarnai dan menjadi momen bersejarah dalam penyelenggaraan Rakernas APEKSI di Makassar.

“Sejumlah kegiatan ini kita susun akan mewarnai perhelatan Rakernas APEKSI, kita akan membuat momen ini menjadi acara bersejarah yang pantas dikenang,” harapnya.

Rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI dimulai pada hari Senin (10/07/2023) dengan agenda Youth City Changer yang dilangsungkan hingga Selasa (11/07/2023) di Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros.

Danny Pomanto menuturkan kegiatan ini merupakan ajang kolaborasi dari delegasi kaum muda dari 98 Kota seluruh Indonesia.

“Kegiatan Youth Summit ini akan menghadirkan 2.000 anak muda untuk saling berkolaborasi dan berperan aktif untuk mengeluarkan ide-ide kreatif mereka dalam menciptakan strategi membangun kota,” urai dia.

Jamuan makan malam seluruh Wali Kota se-Indonesia digelar pada Selasa malam, di Anjungan Pantai Losari. Tamu undangan akan disuguhkan berbagai hiburan dan Kuliner Khas Kota Makassar, pengenalan profil Makassar dan APEKSI, dan penyerahan cinderamata.

Lanjut, Karnaval Seni Budaya sebagai salah satu agenda kebudayaan turut dilangsungkan dalam memeriahkan Rakernas APEKSI VXI ini. Karnaval ini dilangsungkan di Jembatan Toraja Center Point of Indonesia (CPI) pada 12 Juli 2023.

Lalu, pembukaan Rakernas Apeksi XVI dimulai pada malam harinya di Hotel Upperhils Convention Center. Direncanakan, Rakernas Apeksi XVI dibuka Presiden RI Joko Widodo. Dilanjutkan dengan agenda pleno dan panel hingga esoknya, Kamis (13/07/2023).

Di hari yang sama, turut dilaksanakan empat kegiatan pendukung, diantaranya city tour dan ladies program di Benteng Rotterdam, fun sport di Anjungan Pantai Losari, serta penanaman pohon bersama seluruh Wali Kota se-Indonesia dan istri di CPI.

“Kita akan menanam 300 pohon tabebuya di kawasan CPI,” Jelasnya.

Hari terakhir Rakernas APEKSI ditutup dengan kegiatan Penutupan Investmen Forum dan Indonesian City Expo. Setelah itu seluruh wali kota beserta istri akan berjalan-jalan menikmati Kota Makassar sembari berwisata kuliner. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button