InternasionalMetroNewsParlemenPolitik

Anggota Komisi C DPRD Makassar Berkunjung ke Australia Bahas Proyek AASCTF di Sydney

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Sejumlah anggota Komisi C DPRD Makassar menghadiri undangan dari Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Pemerintah Australia (DFAT) untuk bahas Proyek ASEAN Australia Smart Cities Trust Fund (AASCTF) di Sydney.

Sebagai informasi, pengelola Proyek AASCTF telah berkerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar. Melalui Makassar Livable City Plan (MLCP) sejak 2022.

Kerjasama ini mencakup perangkat alat digital dan analisis ahli untuk membantu mencapai visi smart city of Makassar.

Baca Juga: Penuhi Undangan Nippon Koei, Anggota DPRD Makassar Berkunjung ke Jepang

Per 25 Agustus 2023, AASCTF mengundang delegasi dari Pemerintah Kota Makassar untuk mengunjungi Sydney, Australia untuk berpartisipasi dalam lokakarya dengan para ahli Australia tentang “Satu Peta Satu Data”.

Memenuhi undangan tersebut, anggota DPRD Kota Makassar dari Komisi C berkunjung untuk bahas proyek AASCTF di Sydney, Australia pada 18 September 2023.

Lokakarya ini mengkomunikasikan pembelajaran dari smart city dan inisiatif data spasial oleh lembaga pemerintah dan universitas Australia untuk kepentingan Makassar.

Baca Juga: Hadiri Rapat Paripurna DPRD Makassar, Fatmawati Rusdi Sampaikan Pendapat Terkait Ranperda Penyelenggaraan Kota Layak Anak

Selama lokakarya, anggota Komisi C DPRD Kota Makassar mengusulkan untuk membahas potensi kegiatan dukungan tambahan oleh AASCTF di Makassar.

Lokakarya ini mengkomunikasikan pembelajaran dari smart city dan inisiatif data spasial oleh lembaga pemerintah dan universitas Australia untuk kepentingan Makassar.

Dengan dukungan DFAT dan ADB, para wakil rakyat berharap dapat melanjutkan dukungan kuat untuk Makassar melalui AASCTF di fase selanjutnya.

Mengingat, Makassar saat ini sedang dalam proses pengembangan database spasial terintegrasi dan rencana spasial, dengan dukungan pengambilan data sistem udara tak berawak kecil (SUAS).

Pengembangan database spasial terintegrasi adalah rekomendasi utama dari MLCP dan selaras dengan tujuan AASCTF. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button