NewsSulsel

Pilot Project Kemenkes, Bupati Andi Utta Harap Bulukumba Jadi Role Model Layanan Posyandu

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf (Andi Utta) berharap Kabupaten Bulukumba yang jadi pilot project Kementerian Kesehatan (Kemenkes) jadi role model layanan Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu).

Harapan itu, seiring dengan Kementerian Kesehatan RI melakukan transformasi kesehatan melalui perubahan strategi dan kebijakan kesehatan nasional dengan menetapkan 6 pilar transformasi penopang sistem kesehatan Indonesia. Di mana pilar pertamanya adalah Transformasi Layanan Primer yang dilaksanakan melalui penguatan Integrasi Pelayanan Primer (ILP).

Untuk melaksakan transformasi tersebut Kementerian Kesehatan bersama USAID-Momentum Indonesia melaksanakan program replikasi model pelayanan kesehatan primer di 66 kabupaten di lima provinsi (Banten, Jawa Timur, Sumatera Utara, NTT dan Sulawesi Selatan).

Baca Juga: Bupati Andi Utta Tarawih Pertama di Masjid ICDT Bulukumba

USAID Momentum, bersama dengan para pemangku kepentingan di tingkat kabupaten akan melakukan studi implementasi di beberapa kabupaten untuk mendapatkan jawaban atau solusi terkait isu-isu pelaksanaan model ILP.

Studi implementasi ini meliputi 4 topik: telehealth antara puskesmas dan pustu-posyandu di Kabupaten Manggarai Barat, jaringan pelayanan pemerintah-swasta di Kabupaten Serang, supervisi fasilitatif di Kabupaten Deli Serdang, dan insentif kader berbasis kinerja di Kabupaten Bulukumba.

Dalam memulai pilot project di Bulukumba USAID Momentum menggelar Lokakarya yang dibuka langsung oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf di Aula Lt. 4 Gedung Pinisi, Kamis 14 Maret 2024.

Kegiatan dihadiri Chief of Party USAID Momentum Maryjane Lacoste, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Dr.dr. H.M.Ishak Iskandar, serta para peserta dari unsur OPD, Camat, Puskesmas, kader Posyandu dan Kepala Desa.

Baca Juga: DBD Merebak, Warga di Bulukumba Khawatir

Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dr Ishak Iskandar yang hadir melalui zoom mengatakan, Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu. Akan di integrasikan untuk melakukan pelayanan pada 3 siklus kehidupan yaitu dari bayi dan ibu hamil, usia produktif dan lanjut usia.

Ia berharap dalam pelaksanaan program ini ada kolaborasi dan sinergitas dari berbagai pihak. Sehingga program ini dapat di implementasikan dengan baik.

“Kita berharap program di Bulukumba ini bermanfaat dan menjadi contoh atau pilot project di seluruh kabupaten kota di Sulawesi Selatan. Atau bahkan di Indonesia,” pintanya.

Sementara itu Bupati Bulukumba yang akrab di sapa Andi Utta menyampaikan program penguatan Posyandu ini menjadi kesempatan yang baik. Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Baca Juga: Jelang Ramadan, TPID dan Satgas Pangan Bulukumba Lakukan Sidak Pasar

Layanan Posyandu di harapkan fokus pada upaya promosi kesehatan dan aspek preventif. Sehingga penyakit yang di derita oleh masyarakat lebih cepat di deteksi dan di antisipasi.

“Jika Posyandu selama ini identik dengan penimbangan bayi dan balita. Maka ke depan Posyandu akan menjadi wadah layanan kesehatan untuk mendeteksi atau mencegah penyakit yang-diderita warga dari semua kalangan. Tidak harus nanti di rumah sakit baru kita tahu penyakitnya,” ungkapnya.

“Saya kira program ini merupakan komitmen dan upaya pemerintah dalam meningkatkan layanan kesehatan primer. Dengan terus melakukan inovasi atau terobosan agar prosesnya lebih efektif dengan hasil yang lebih terukur dan maksimal,” tambahnya lagi.

Kepala Desa Bontoharu Kecamatan Rilau Ale, Baharuddin menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan program yang salah satu lokusnya di desanya.

Baca Juga: Stabilkan Harga Sembako, Pemkab Bulukumba Gelar Gerakan Pangan Murah

Menurutnya program penguatan Posyandu ini memiliki banyak manfaat. Di antaranya adanya peningkatan kapasitas para kader Posyandu, adanya SOP atau standar layanan dari Posyandu. Serta adanya ukuran kinerja dari kader Posyandu yang berkonsekuensi terhadap insentif yang-diterima.

“Tentu kami sangat merespon program ini, karena menjadi pilot project dari Kementerian Kesehatan,” imbuhnya.

Untuk di ketahui, secara umum tujuan lokakarya dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan informasi terkait praktek pelaksanaan insentif kader berbasis kinerja oleh Dinas Kesehatan di Kabupaten Bulukumba
2. Menelaah model Insentif Kader Berbasis Kinerja yang akan diuji-cobakan
3. Menyepakati Rencana Tindak lanjut (RTL) pelaksanaan studi implementasi. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button