NewsSulsel

Kolaborasi Pemdes dan Sanggar Seni, Bupati Andi Utta Buka Festival Sawah II

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf (Andi Utta) buka kegiatan Festival Sawah II Desa Tanah Harapan, Kecamatan Rilau Ale, Jumat, 3 Oktober 2023. Pembukaan ditandai dengan penancapan tiang baling-baling.

Pimpinan Produksi Festival Sawah II, Ichdar Yeneng Al-Farabi dalam laporannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Bulukumba. Ia bilang, Festival Sawah II disupport oleh dana desa.

Menurutnya Festival Sawah merupakan salah satu program kebudayaan yang ada di Bulukumba. Festival Sawah, katanya, sebagai suatu gerakan kebudayaan di desa.

Baca Juga: Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, DWP Bulukumba Gelar Lomba Hias Telur

“Festival Sawah ini, di mulai Jumat 3 Oktober sampai Minggu malam 5 Oktober 2023. Pelaksananya adalah pemuda pemudi desa Tanah Harapan,” kata Ichdar.

Ichdar mengatakan, Festival Sawah I di mulai pada tahun 2022 lalu. Motivasi dan tujuannya yaitu untuk mengembalikan memori kebudayaan, seperti kebersamaan masyarakat tani.

“Intinya pelibatan masyarakat desa dalam mengembalikan semangat gotong royong. Ini kita harap bisa memantik bagi desa-desa lain dalam menggelar even gerakan kebudayaan,” jelasnya.

Baca Juga: Ustad Maulana Disambut Ribuan Jemaah di Masjid ICDT Bulukumba

Kepala Desa Tanah Harapan, Arifin Para mengatakan Festival Sawah memang masuk sebagai salah satu program tahunan di desanya. Namun, nomenklatur penganggarannya baru di mulai pada 2023 ini.

“Anggaran Dana Desa untuk Festival Sawah sebagai seni budaya sekira Rp10 jutaan. Baru tahun ini di anggarkan, tahun lalu belum,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi pelaksanaan Festival Sawah tersebut. Apalagi, penganggarannya-disupport dana desa.

Baca Juga: Khitanan Massal Gratis Ratusan Anak Bulukumba, Warga Beryukur

Bupati Andi Utta lebih jauh menyebutkan pentingnya melestarikan kebudayaan dan kearifan lokal. Ia mencontohkan banyaknya kunjungan di Bali bukan hanya karena keindahan alamnya, tapi juga budayanya.

“Kalau Bulukumba mau kunjungan besar, maka budayanya harus di ekspos. Termasuk festival seperti ini,” katanya.

Olehnya, Dinas terkait di harapkan lebih massif lagi dalam menyupport kegiatan-kegiatan kebudayaan. Dengan demikian, eksistensi kebudayaan di Bulukumba bisa lebih kuat.

Baca Juga: Buka Lomba HKN, Bupati Andi Utta Minta Komitmen Nakes Turunkan Angka Stunting di Bulukumba

“Selain budaya, kita harus kuatkan potensi pertanian kita, sehingga ekonomi bisa lebih baik. Pertanian harus terus di dorong lebih massif, termasuk program ketahanan pangan di desa,” kata Andi Utta.

Turut hadir pada pembukaan Festival Sawah ini, Kadis Kominfo dan Persandian HM Daud Kahal dan tokoh masyarakat Desa Tanah Harapan. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button