NewsSulsel

Buka Lomba HKN, Bupati Andi Utta Minta Komitmen Nakes Turunkan Angka Stunting di Bulukumba

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 tahun 2023, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf meminta para tenaga kesehatan (Nakes) komitmen untuk turunkan angka Stunting di Kabupaten Bulukumba. Tidak tanggung tanggung, ia meminta target penurunannya pada tahun 2024 mencapai 50 persen atau di atas target nasional yang hanya 14 persen.

Hal ini disampaikan pada saat Andi Utta sapaan akrab bupati membuka pelaksanaan lomba dalam rangka memeriahkan HKN di halaman RSUD H. Andi Sulthan Dg Radja, Rabu 1 November 2023.

Menurut Andi Utta adalah sesuatu yang ironi jika secara umum ketahanan pangan dan inflasi terkendali di daerah, namun penderita Stunting masih ada.

Baca Juga: Bupati Andi Utta Serahkan Penghargaan BKKBN Pusat, Bulukumba Terbaik Ketiga Nasional

“Kondisi ini tidak ekuivalen (sebanding) ketika kita mampu kendalikan inflasi tapi stunting masih tinggi. Makanya dengan kolaborasi kita juga harus komitmen menurunkan angka Stunting ini. Target kita turun 50 persen,” kata Andi Utta meminta komitmen para Nakes.

Terkait dengan pelaksanaan lomba dalam rangka merayakan HKN, Andi Utta mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai wadah menjalin silaturahim dan kebersamaan sesama tenaga kesehatan di seluruh Puskesmas maupun klinik yang ada di Bulukumba.

Pada momentum tersebut Andi Utta mengingatkan kembali akan upaya terus menerus meningkatkan pelayanan dasar di bidang kesehatan.

Baca Juga: Dua Putra Terbaik Bulukumba Perkuat Timnas, Dilepas Resmi Bupati Bulukumba

“Apa pun statusnya, ASN atau Non ASN, petugas kesehatan adalah pejuang kemanusiaan yang tulus-ikhlas memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat,” ungkapnya.

“Mari kita jadikan momentum Hari Kesehatan Nasional ini, untuk melakukan refleksi atau evaluasi tentang apa yang dapat kita berikan bagi kesehatan masyarakat, utamanya dalam meningkatkan kinerja pelayanan,” tambahnya.

Ketua Panitia HKN, Arman menyampaikan tema HKN tahun 2023 adalah Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju.

Pihak panitia kata Arman menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba yang berlangsung mulai tanggal 1 sampai 11 November 2023 dan akan-dilaksanakan upacara puncak peringatan HKN pada 12 November mendatang.

Baca Juga: Bupati Bulukumba Serahkan Ranperda APBD 2024

Peserta lomba dari seluruh Puskesmas, klinik, rumah sakit, dan perguruan tinggi kesehatan se Kabupaten Bulukumba.

“Selain lomba panitia juga menggelar bakti sosial seperti khitanan massal yang-digelar serentak di rumah sakit dan seluruh Puskesmas pada tanggal 2 November 2023,” ungkap Arman.

Berikut beberapa lomba HKN yang-digelar
1. Senam Taman
2. Bulu Tangkis
3. Tenis Meja
4. Nyanyi Solo
5. Sandal Bakia
6. Ceramah Agama
7. Lomba kebersihan antar PKM, RSUD dan Klinik
8. Lomba Kepala PKM dan Tenaga Kesehatan Teladan
9. Lomba menu gizi Stunting
10. Lomba defile karnaval

(*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button