HiburanMetroNewsOlahragaPariwisata

Bank Jateng Friendship Run Kembali Ramaikan Ajang Lari di Makassar

 MAKASSAR, NEWSURBAN.ID Makassar di Sulawesi Selatan menjadi kota ketujuh, atau kota
di luar Pulau Jawa, yang disambangi rangkaian Bank Jateng Friendship Run.

Mengambil tempat Monumen Mandala sebagai titik start dan finish, Bank Jateng Friendship Run Makassar
yang digelar pada Minggu (20/8/2023) diikuti sekitar 1.000 pelari serta melibatkan komunitas lari di seputar Makassar.

Kegiatan ini menjadi “pemanasan” dari Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng yang akan digelar pada 19 November 2023 mendatang. Tujuannya, untuk menularkan semangat ke 10 kota besar di Tanah Air. Turut hadir pada flag off antara lain Wali Kota Makassar dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel.

Baca Juga : Buka Lomba SKJ DWP Makassar, Indira Yusuf Ismail Ajak Masyarakat Bugar Melalui Senam

Bank Jateng Friendship Run Makassar menempuh rute dari Monumen Mandala menyusuri Jl Jenderal Sudirman, masuk ke Jalan H Bau, lalu berbelok ke Jalan Somba Opu, terus ke Jl Penghibur, sebelum masuk kembali ke Jl Jenderal Sudirman dan finish di Monumen Mandala. Lari di meriahkan antara lain penampilan kreativitas pelari dalam Best Costume serta interactive installation oleh seniman lokal.

Sehari sebelumnya, Sabtu (19/8/2023) di gelar The Tour yang bertujuan menghidupkan ekosistem lari di Indonesia. The Tour di selenggarakan secara mandiri oleh perwakilan komunitas di masing-masing kota, antara lain Indorunner Makassar dan 10 komunitas lari lain di kota Makassar. Selain itu, di lakukan pula sharing session, serta games dan doorprize. Kegiatan The Tour sekaligus mengajak komunitas lari untuk mempersiapkan diri dalam menyambut Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng. Pada hari yang sama, juga di lakukan Race Pack Collection, di mana peserta mendapatkan collectible jersey yang di buat berkolaborasi dengan seniman lokal.

Voice of Unity

Tahun ini, “Voice of Unity” di gaungkan sebagai tema umum untuk menyuarakan semangat persatuan, suara positif untuk saling menginspirasi dan membangun persatuan melalui kegiatan lari dengan juga mendukung aktivitas ekonomi para pelaku UMKM dan menyapa keunikan budaya masyarakat setempat. Tak berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, rangkaian Bank Jateng Friendship Run Makassar juga menampilkan budaya dan kuliner lokal guna memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dalam olahraga lari. Hal ini sejalan dengan semangat Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yang turut mendongkrak kegiatan bisnis para pelaku UMKM.

Sejak awal, acara ini di rancang untuk membangkitkan semangat wisata olahraga atau sport tourism. Hal ini di ungkapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat peluncuran Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng.

“Sekarang, saatnya kita bersatu untuk juga mengulurkan tangan ke kanan-kiri, bersamasama saling berlari dan terus menginspirasi untuk menang. Oleh karena itu, ‘Voice of Unity’ menggambarkan bagaimana pelari, stakeholder, dan masyarakat. Bersatu untuk menyuarakan semangat kemenangan, dan saling menginspirasi dengan suara-suara positif dalam satu kesatuan di Borobudur Marathon,” ujar Ganjar.

Baca Juga : Wabup Edy Manaf Lepas Jalan Sehat dan Pesta Rakyat Fokusmaker

Dalam rangkaian pre-event ini, Borobudur Marathon membawa Bank Jateng Pawone ke 10 kota melalui Bank Jateng Friendship Run dengan tujuan untuk menginspirasikan dan mempromosikan Magelang. “Bank Jateng dengan 10 ribu pelari membawa dampak perekonomian lebih besar pascapandemi. Program Bank Jateng Pawone akan mengajak pelaku UMKM untuk mengoptimalisasikan produk. Serta mengedukasi pelaku UMKM untuk melakukan literasi keuangan. Sehingga pengembangan potensi ekonomi dapat terjadi dan berjalan secara
optimal,” kata Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno.

Selain Makassar, Bank Jateng Friendship Run telah hadir di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar. Setelah Makassar, kegiatan juga akan di adakan di Banjarmasin, Medan, dan Palembang. Di samping itu, The Tour juga kembali hadir bersama sejumlah komunitas di 10 kota bersamaan dengan di laksanakannya Bank Jateng Friendship Run.

Baca Juga : Pemkot Makassar Matangkan Persiapan F8 Makassar, Danny Pomanto: Bawa Botol Minum Diskon 50%

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo menjelaskan, pada 2023, Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan di laksanakan satu hari dengan beberapa kategori. Yaitu marathon, half marathon, dan 10K kepada pihak umum nasional dan internasional. Lalu, rangkaian program Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan terdiri atas Bank Jateng Friendship Run 10 Kota, The Tour, Bank Jateng Pawone, dan Race Day.

Selain Walikota Makassar Moh. Ramadhan Pomanto, Bank Jateng Friendship Run Makassar juga di hadiri Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chi An, Direktur IT, Jaringan, dan Konsumen Bank Jateng Dodit M Probojakti, Redaktur Pelaksana Harian Kompas Adi Prinantyo, dan Direktur Bisnis Harian Kompas Lukminto Wibowo.(#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button