NasionalNewsSulsel
Trending

Sulsel Hadirkan MPP Berbasis OSS Pertama di Indonesia

Instruksi Wapres, Andi Sudirman Dorong Seluruh Kabupaten/Kota Segera Miliki MPP

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Wakil Presiden RI, bapak K.H. Ma’ruf Amin meminta seluruh Kabupaten/Kota untuk segera menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP). Saat ini, Pemprov Sulsel telah memiliki MPP berbasis OSS. Ini yang pertema di Indonesia.

“Kita harapkan di tahun 2022 dan 2023 terbangun semua Mal Pelayanan Publik (MPP),” ujar Wapres dalam kunjungan kerjanya ke Sulsel di Kantor Gubernur, Senin (31/1/2022).

Apalagi, Pemprov Sulsel telah memiliki MPP yang berbasis OSS pertama di Indonesia.

Dalam menghadirkan Mal Pelayanan Publik ini dengan pendekatan sistem digital ini melayani 321 jenis perizinan dan non-perizinan dari 23 sektor OPD teknis.

Baca Juga: Perbanyak MPP, Wapres Minta Sulsel Bisa Contoh di Banyuwangi

MPP Sulsel pun menerapkan sistem OSS, sebuah sistem yang mengintegrasikan data ke dalam pusat database nasional. Sehingga data yang telah masuk ke dalam sistem akan tersimpan.

Selain Sulsel, daerah lainnya sudah menghadirkan MPP, seperti DKI Jakarta dan Sulteng. Hadirnya MPP Sulsel ini pun untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat, mengingat masih 3 daerah, yakni Palopo, Barru dan Selayar.

Ia pun menyampaikan atas hadirnya Mal Pelayanan Publik di beberapa titik di Sulsel harus lebih-ditingkatkan. “Harus tingkatkan untuk jadi lebih baik. Butuhkan perhatian serius bagi Kepala Daerah untuk pelayanan publik. Kualitas pelayanan publik harus senantiasa-dievaluasi,” ungkapnya.

Orang nomor dua di Indonesia itu mendorong hadirnya MPP dengan digitalisasi dan terintegrasi dengan berbagai pelayanan publik. “Penyelenggaraan MPP tidak harus bangun baru. Bisa menggunakan bangunan lama dengan mengoptimalkan sarana dan prasarana yang ada, dengan (sistem) digitalisasi dan terintegrasi dengan layanan berbagai instansi,” pungkasnya.

Baca Juga: Ma’ruf Amin Puji Pemprov Sulsel dalam Pengembangan UMKM

Dengan hadirnya Mal Pelayanan Publik, maka akan memberikan kemudahan bagi masyarakat maupun investor. “Kita ingin pelayanan publik ini benar-benar mudah, cepat, tidak berbelit-belit, tanpa ada pungli. Ini akan berpengaruh pada kepercayaan investor dan kepuasan masyarakat. Ini bagian daripada reformasi di birokrasi kita,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, bahwa pihaknya akan berupaya mewujudkan seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan memiliki MPP pada 2022/2023.

“Hadirnya bapak Wakil Presiden ini sebagai bentuk support Pemerintah Pusat, sehingg kit harap bagaimana pada tahun 2022/2023 ini bisa dilaksanakan juga di seluruh kabupaten/kota untuk segera memiliki MPP,” ujarnya. (hm/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com