NewsPendidikanSulsel

Gubernur Andi Sudirman Dorong Standar Kualitas Pembelajaran Seragam pada SMA se-Sulsel

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Seluruh pelajar tingkat SMA se Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun ajaran 2022/2023. Mulai bertahap mendapatkan kuliatas pembelajaran yang seragam.

Hal itu berkat hadirnya inovasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui program Smart School: Satu Standar, Satu Guru, Satu Sulsel. Dalam program itu, menghadirkan sistem pembelajaran hybrid. Melalui pendekatan digital, kualitas dan mutu yang di terima siswa/siswi SMA se-Sulsel seragam.

Bahkan, ini menjadi inovasi sistem Pembelajaran hybrid pertama yang menghadirkan oleh Pemerintah Provinsi di Indonesia. Program ini diinisiasi langsung oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman ini sebagai wujud dalam mendorong sumber daya manusia (SDM).

Baca juga: Bernostalgia di SMAN 1 Bone, Begini Pengakuan Teman dan Guru Sosok Gubernur Sulsel

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Setiawan Aswad menyampaikan, β€œinovasi dalam dunia pendidikan ini merupakan ide dari Gubernur. Bapak Andi Sudirman Sulaiman, bahwa trend dunia pendidikan ke depan akan sangat mempengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi. Karena itu pemerintah harus mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri,” ujarnya, Selasa (19/7/2022).

Setiawan memaparkan, bahwa sistem dalam Smart School ini menggabungkan antara pembelajaran online dan offline secara bersamaan (Hybrid). Dengan tujuan untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran.

Di mana siswa dapat meningkatkan daya serap siswa atas materi yang di ajarkan, meningkatkan kemampuan belajar mandiri siswa, meningkatkan partisipasi aktif siswa, meningkatkan kualitas materi pendidik dan meningkatkan kemampuan menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi.

Baca juga: Gubernur Sulsel Kirim Sepeda dan Tim Tinjau Jalan Anak SD yang Viral Bawa Parang

Yang kemudian pendalamannya memperkuat oleh para siswa dengan proses belajar di kelas dengan pendampingan guru mata pelajaran di sekolah masing-masing.

β€œDinas Pendidikan telah memilih 70 guru.Β  Dianggap paling baik atau memiliki metode paling efektif dalam mentransfer pengetahuan dalam proses pembelajaran. Guru-guru ini seleksi oleh Tim Gabungan Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel. Merekalah yang memberikan pembelajaran secara online kepada seluruh siswa SMA se Sulsel. Kemudian melanjutkan pendalaman secara offline oleh guru pendamping di kelas,” jelasnya.

Dalam pembelajarannya, menggunakan pendekatan pembelajaran mandiri dan interaktif dengan daring, dan pembelajaran klasikal. Sehingga video penjelasan guru bisa kembali di akses melalui aplikasi smart school E-Andalan.

Baca juga: PPDB Sulsel Dimulai Hari Ini, Berikut Jadwalnya

β€œSetelah mengikuti pelajaran secara virtual dari guru-guru smart school, peserta didik akan melakukan pendalaman materi pelajaran bersama guru-guru pendamping mereka yang ada di kelas serta pengayaan melalui pengerjaan tugas-tugas. Setiap siswa, guru dan pihak sekolah memiliki akun masing-masing untuk bisa mengakses aplikasi Smart School melalui gawai, baik Smartphone, Komputer atau pun perangkat Smart School yang tersedia di setiap sekolah,” paparnya.

Selain fasilitas pembelajaran online, aplikasi smart school juga menyediakan Learning Management System (LMS) yang lengkap, seperti modul-modul, bahan ajar, tugas-tugas dan quiz, serta video-video bank soal yang berisi trik-trik penyelesaian soal. β€œFitur ini menyediakan untuk membiasakan siswa mengerjakan soal-soal yang sering kali muncul pada ujian-ujian evaluasi maupun tes masuk perguruan tinggi,” ungkapnya.

Adapun sejumlah layanan dalam aplikasi Smart School. Antara lain medical record, smart news, smart library dan smart character. Serta smart event, learning resource, smart passion, smart diary, smart game, dan virtual experience. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button