NewsSulsel

Kembalikan Kejayaan Sukun Pj Gubernur Sulsel Bersama Pj Bupati Bone Siapkan Lahan Ribuan Hektare

BONE, NEWSURBAN.ID – Penjabat ( Pj ) Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bone Sabtu 16/12/2023. Pada kunjungan ini, Bahtiar bersama Pj Bupati Bone  Andi Islamuddin tanam sukun sebagai upaya untuk kembalikan kejayaan sukun di Bone.

Kedatangan di kampung halamannya, Gubernur Sulsel kembali menggalakkan penanaman sukun di tiga titik di Kabupaten Bone yang berlokasi di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Amali, Bengo dan Ulaweng.

Kehadiran Gubernur Sulsel, didampingi langsung oleh Pj Bupati Bone Drs. H. Andi Islamuddin, Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan, Pj Sekda Bone Andi Muhammad Guntur, serta sejumlah pejabat Pemprov dan Pemkab Bone.

Baca Juga: Lestarikan Pesisir di Hari Nusantara, DKP Sulsel Tanam 78 Ribu Mangrove di Bone

Pj Gubernur Sulsel menuturkan tanaman hortikultura sukun dan nangka cocok di Bone Barat. Apalagi, sejak dulu Bone terkenal dengan produksi sukunnya.

Namun, pohon sukun yang-ditanam masyarakat Bone semakin berkurang.

“Daerah Bone Barat ini sangat terkenal dengan sukunnya di Indonesia, dan tanaman yang cocok memang di sini adalah sukun dan nangka karena keterbatasan kandungan air,” kata Bahtiar Baharuddin.

Sementara itu Pj Bupati Bone menyebutkan Pemerintah Kabupaten Bone melalui Pemerintah Desa sudah menyiapkan ribuan hektare. Bahkan di targetkan mencapai 10 ribu hektare setiap kecamatan di Bone Barat sebagai lokasi penanaman sukun.

“Hari ini kita melakukan penanaman sukun lahan yang-disiapkan sekitar 10 ribu hektare di Kecamatan Amali. Kemudian, 10 ribu hektare di Bengo, dan 10 ribu hektare di Ulaweng,” ungkapnya.

Baca Juga: Tes Urine Para Pejabat Pemda Bone Bupati Ancam Berikan Sanksi Jika Positif Narkotika

Andi Islamuddin mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pj Gubernur Sulsel untuk memberikan bantuan bibit sukun kepada masyarakat Bone.

“Dengan penanaman sukun di Bone Barat, kami berharap Bone akan menjadi sentra produsen sukun terbesar di dunia. Ini tak terlepas atas arahan Bapak Gubernur. Kami di minta untuk bekerja tidak tanggung-tanggung,” kata Andi Islamuddin.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel bersama Pj Bupati Bone meninjau beberapa kawasan lahan melalui udara, sekitar Pattiro Bajo Kecamatan Sibulue, Kec. Mare, Kecamatan Tonra, Kecamatan Ponre, dan Kecamatan di Kota Watampone. (fan)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button