NewsNusantaraSulawesiSulsel
Trending

Hari Jadi 761 Tahun Soppeng, Gubernur Sulsel Sebut Telah Alokasikan Anggaran Rp 414,5 M

SOPPENG, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di hari jadi ke- 761 tahun Soppeng, menyebutkan, Pemerintah Provinsi telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 414,5 miliar kurun waktu 2019 – 2022.

Menurutnya, anggaran sebesar itu, sebagai bantuan keuangan Pemprov Sulsel untuk pembangunan infrastruktur Kabupaten Soppeng.

Khusus di tahun ini, kata Gubernur, Pemprov Sulsel memberikan anggaran sebanyak Rp. 194,5 miliar. Alokasi APBD Provinsi itu, untuk menangani sejumlah pembangunan infrastruktur di Kabupaten Soppeng.

Baca Juga: Rakor TPAKD Sulsel, Gubernur Andi Sudirman Dorong UMKM Semakin Berkembang

“Alhamdulillah, Rp. 414,5 miliar yang telah kita alokasikan ( 2019-2022) untuk kabupaten Soppeng. Termasuk di dalamnya tahun 2022 ini, kita alokasikan Rp 194,5 miliar untuk menangani sejumlah pembangunan infrastruktur,” ungkap Andi Sudirman di acara hari jadi ke- 761 tahun Soppeng, di Lapangan Gasis, Watansoppeng, Minggu (27/3/2022).

Gubernur menjelaskan, peruntukan anggaran itu, antara lain untuk lanjutan penanganan ruas jalan Pekkae – Takkalalla yang menghubungkan kabupaten Soppeng dan Kabupaten Barru; ruas jalan Takkalasi – Bainange – Lawo yang menghubungkan kabupaten Barru dan kabupaten Soppeng; lanjutan pembangunan jembatan sungai Walemping dalam mendukung ruas Takkalasi – Bainange – Lawo.

Selain itu, kelanjutan pembangunan jembatan sungai Pacongkang juga di anggarkan Pemprov pada tahun 2022. Nilainya, sebesar Rp 66,5 miliar. Jembatan ini, akan menghubungkan Kabupaten Soppeng dan kabupaten Bone.

Baca Juga: Dukung Kebijakan Jokowi Soal Penggunaan Produk Dalam Negeri, Gubernur Sulsel Dorong Produktivitas UMKM

Gubernur Andalan juga menyebutkan, jalan dengan lalulintas harian rata-rata (LHR) tinggi akan kembali dia lanjutkan. Yaitu, yaitu ruas Soppeng – Batas Sidrap dan ruas Cabbenge – Soppeng. Termasuk penanganan pada ruas jalan Takkalalla – Cabbenge – Salaonro yang tahun ini dialokasikan Rp 19,3 Miliar.

Karena itu, dia berharap pemerintah kabupaten dan masyarakat Soppeng mendukung. Demi kelancaran pembangunan yang di lakukan oleh Provinsi Sulawesi Selatan.

Infrastruktur Pengairan

Sementara itu, dua irigasi di Kabupaten Soppeng juga menjadi fokus untuk penanganan tahun 2022. Kedua, infrastruktur pengairan itu adalah DI Leworeng dan DI Salobunne.

Pada kesempatan itu, Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak meminta masyarakat berterima kasih atas bantuan pemerintah provinsi untuk pembangunan Kabupaten Soppeng.

Ia juga mengaku, bahwa hal itu tidak terlepas dari dukungan dan perhatian dari Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Baca Juga: Tampil Unik Ala Tongkonan, Stan Dekranasda Sulsel Raih The Best Booth Inacraft 2022

“Jadi masyarakat Soppeng sepatutnya berterima kasih walaupun tanggung jawab Gubernur tapi yang menggunakan (Jalan Provinsi) masyarakat Soppeng,” ucapnya.

Turut hadir diantaranya Ketua DPRD dan anggota DPRD Sulsel; Wakil Bupati Soppeng; jajaran Forkopimda Soppeng; sejumlah tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat; Ketua PKK Sulsel dan segenap undangan lainnya. (hm/ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button