NewsNusantaraSulawesiSulsel

Wabup Gowa Dampingi Gubernur Gorontalo Tinjau Lahan Pembangunan TPU di Pattallassang

Pemprov Gorontalo Siapkan TPU Khusus untuk Warga Perantau di Sulsel

GOWA, NEWSURBAN.ID — Wakil Bupati Gowa H. Abd Rauf Malaganni menemani Gubernur Gorontalo, H. Rusli Habibie meninjau lahan TPU Desa Paccellekang, Kecamatan Pattallassang, Jum’at (11/3).

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Bupati Gowa menyambut baik kedatangan rombongan Gubernur Gorontalo. Dalam rangka peninjauan lokasi pembangunan Tempat Pemakaman Umum (TPU) masyarakat Gorontalo yang bermukim di Sulawesi Selatan.

“Kami mengucapkan selamat datang di Kabupaten Gowa kepada Bapak Gubernur. Pemilihan lokasi pemakaman ini, sangat cocok karena Gowa memiliki posisi strategis. Yang dapat di jangkau oleh seluruh wilayah di Sulsel,” tutur Karaeng Kio’ sapaan akrabnya.

Menurutnya, dengan adanya TPU yang dibangun ini, ke depannya akan sangat membantu. Sehingga jika ada warga masyarakat Gorontalo yang meninggal tidak perlu lagi mengurus untuk dipulangkan ke Gorontalo. Cukup dimakamkan di TPU ini.

“Sebagai bagian dari pemerintah, kami memahami bagaimana kondisi kemasyarakatan yang di amati oleh Bapak Gubernur. Utamanya bagi warga perantau Gorontalo di Sulsel, yang juga harus mendapat perhatian oleh pemerintah,” sambungnya.

Bebaskan Lahan 800 Meter Persegi

Untuk di ketahui, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah membebaskan lahan seluas 800 meter persegi di Desa Paccellekang, Kecamatan Pattallassang. Untuk di jadikan TPU bagi masyarakat Gorontalo perantau yang bermukim di Sulawesi Selatan.

“Saya Insya Allah akan mengakhiri jabatan gubernur yang kedua kali pada tanggal 12 Mei 2022. Sehingga, beberapa bulan ini saya jalan terus mengecek program-program saya di luar dan dalam Gorontalo. Termasuk lokasi TPU ini, yang akan menjadi pemakaman orang Gorontalo yang di kelola oleh KKIG,” terang Gubernur Gorontalo, H Rusli Habibie saat di temui usai peninjauan lokasi TPU.

Sebelumnya, Pengurus Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Provinsi Sulsel telah melakukan audiens dengan Bupati Gowa. Terkait pembangunan TPU untuk warga Gorontalo yang berlokasi di Kabupaten Gowa.

“Saya berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gowa, DPRD yang telah memfasilitasi pengadaan lahan. Untuk tempat pemakaman keluarga Gorontalo. Terima kasih juga untuk kerjasama Pemerintah Kecamatan, Desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas yang membantu hingga sampai di tahapan ini,” lanjutnya.

Di tahun ini juga, Pemerintah Provinsi Gorontalo akan memfasilitasi pengadaan mobil jenazah untuk mengantar hingga ke TPU. Mobil jenazah ini, nantinya juga akan di kelola oleh KKIG Provinsi Sulsel di Makassar.

Pada kunjungan ini, turut mendampingi Wakil Bupati Gowa, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gowa, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa. Juga, Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pertanahan Kabupaten Gowa, serta Camat Pattallassang. (ps/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button