NewsSulsel

Ditanam Saat Kemarau, Pisang Cavendish di Tamarunang Gowa Siap Panen Empat Bulan Lagi

Pisang Cavendish di lahan Kodim 1409 Gowa siap panen empat bulan lagi. Penanaman pohon Cavendish itu pada musim kemarau akhir tahun lalu.

GOWA, NEWSURBAN.ID – Program budidaya pisang Cavendish, merupakan inisiasi Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. Program ini mulai menunjukkan hasil. Pisang Cavendish di Gowa sdah siap panen empat bulan lagi.

Hal itu di ketahui setelah Pj. Gubernur Bahtiar didampingi Sekda Kabupaten Gowa dan Dandim mengecek lahan pisang Cavendish Kodim 1409 Gowa, di Tamarunang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Selasa, 12 Maret 2024.

Baca Juga: Hari Pertama Ramadan, Pj Sekda Gowa Dampingi Pj Gubernur Sulsel Pantau Pasar: Ada Kenaikan Harga Bahan Pokok Meski Ketersediaan Stok Cukup

Terlihat pertumbuhan pohon pisang signifikan sejak di launching empat bulan lalu bersama Pangdam XIV Hasanuddin. Tingginya melebihi ukuran tubuh orang dewasa, dan daunnya juga lebat. Beberapa pohon juga sudah memiliki anakan. Anakan ini kemudian ditanam kembali di lahan kosong di tempat tersebut.

“Saya memanfaatkan kunjungan ke Gowa untuk mereview. Jadi harus begitu, ini namanya plan do check, itu harus kita cek apa yang sudah kita kerjakan,” kata Bahtiar.

Bibit pisang ini merupakan bantuan dari Pemprov Sulsel. Di tanam saat musim kemarau. Di ceritakan, untuk pengairan airnya harus di pikul.

Baca Juga: Dorong Skala Industri, Pj Gubernur Bahtiar Galakkan Penanaman 2 Juta Pohon Nangka Madu di Sulsel

“Kita senang teman-teman TNI memberikan dukungan kepada kita. Khususnya Kodim Gowa. Ini membuktikan apa yang saya omongin sebagai Penjabat Gubernur tentang pisang Cavendish terbukti, yang sudah kita lihat sudah besar sekali, mudah-mudahan empat bulan ke depan sudah bisa dipanen,” tuturnya.

Bahtiar sangat yakin pengembangan budi daya pisang di Sulsel dapat sukses.

“Jadi bukan hanya cavendish, tetapi semua jenis pisang bisa jadi usaha alternatif bagi masyarakat Sulsel. Termasuk bagi anak muda,” ujarnya.

Baca Juga: Dorong Skala Industri, Pj Gubernur Bahtiar Galakkan Penanaman 2 Juta Pohon Nangka Madu di Sulsel

Pengusaha pisang dia sebut bisa menghasilkan pendapatan lebih dari pegawai negeri. Selanjutnya, bagaimana pemerintah melakukan pendampingan bagi para pengusaha pisang.

“Ini di kelola dengan skala bisnis, dengan manajemen dan teknologi, metode, pendampingan dari penyuluh. Supaya ini benar-benar mendapatkan hasil maksimal sesuai yang di harapkan,” jelasnya.

Selanjutnya, Bahtiar akan melakukan kegiatan plan do check program ke daerah lainnya di Sulsel. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button