NewsSulsel

Pasca Libur Natal, Berikut Arahan Pj Gubernur Bahtiar kepada ASN Lingkup Pemprov Sulsel

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memimpin langsung upacara apel pagi pasca Libur Natal 2023, di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulsel, Rabu, 27 Desember 2023. Atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat Sulsel, ia mengucapkan selamat merayakan Natal bagi umat Kristiani.

Dalam arahannya, Pj Gubernur Bahtiar menyampaikan beberapa poin penting yang menjadi penekanan. Pertama, ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Sulsel, yang selama tiga bulan menjadi tim di bawah kepemimpinannya, mengelola daerah ini dengan berbagai capaian yang baik. Seluruhnya telah menjalankan tugas dengan baik, sehingga mendapatkan apresiasi positif masyarakat.

“Seluruh kawan-kawan pegawai negeri dan non-pegawai negeri. Sejumlah hal telah dicapai akhir tahun ini,” ujarnya.

Baca Juga: Kagumi Potensi Pulau Sembilan, Pj Gubernur Bahtiar Ajak Forum CSR Sulsel Salurkan Bantuan

“Tiga bulan ini saya mengucapkan terima kasih atas pencapaian yang ada, saya datang ke sini tanggal 6 September, pencapaian kita sudah luar biasa. Itu bukan pencapaian saya, itu pencapaian kawan-kawan pejabat dan seluruh staf di Pemprov,” sambung Bahtiar.

Di awal kedatangannya sebagai Pj Gubernur Sulsel, inflasi 3,53 persen. Satu bulan kemudian, turun 1 poin. Dalam sejarah Sulsel, baru pertama kali menjadi 2,33 persen. Pencapaian terbaik per 1 Desember, pertama kalinya dalam 5 tahun di bawah angka nasional 2,86 persen sedangkan Sulsel 2,79 persen. Demikian juga penghargaan lain di tingkat nasional. Ia memotivasi agar prestasi dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

Kedua, Bahtiar berpesan untuk mengubah pola kerja aparat pemerintahan. Ia mencontohkan pegawai dinas pertanian, dinas peternakan, Kesbangpol atau dinas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, untuk turun ke lapangan langsung. Agar pemerintahan dirasakan kehadirannya di masyarakat.

“Ubah pola kerja untuk lebih banyak ke lapangan, lebih banyak ke masyarakat,” pesannya.

Baca Juga: Direktur Jenderal Adwil Kemendagri Apresiasi Pengamanan Natal di Sulsel

Bahtiar menginginkan, 70 persen pegawainya ada di lapangan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. 30 persennya menangani administrasi. Program dan kegiatan juga tidak hanya berfokus di Kota Makassar, karena ruang lingkup Pemprov Sulsel berada di seluruh wilayah Sulsel.

“Kita sedang berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulsel. Banyak program yang berhubungan langsung dengan masyarakat yang sedang-dikerjakan tim provinsi, Tim Pengendali Inflasi Daerah maupun Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah,” paparnya.

Apalagi saat ini sudah di dukung dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan.

Baca Juga: Lakukan Pemantauan, Pj Gubernur dan Forkopimda Sulsel Pastikan Perayaan Natal Berjalan Lancar

Ketiga, Ia menegaskan, Pemerintah Provinsi Sulsel adalah organisasi pemerintahan yang baik dan amanah. Pekerjaan terbesar sebagai aparat birokrasi adalah menjadi pelayan yang netral bagi seluruh masyarakat. Ia meminta pegawai, jangan mau di adu domba dan masuk ke ranah politik. Ia pun menyatakan akan melakukan penertiban dengan tegas.

“Kawan-kawan harus kerja lurus pada organisasi, kawan-kawan bukan politisi. Di gaji oleh negara sama seperti saya, kawan-kawan adalah birokrat,” ucapnya.

“Fokus kerja saja sesuai yang telah di atur oleh negara, kita akan memberikan reward dan punishment yang jelas,” pungkasnya.

Selanjutnya, gubernur melakukan silaturahmi bersama seluruh pejabat dan pegawai lingkup Pemprov di Ruang Pola Kantor Gubernur. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button