MetroNewsSulsel

Lakukan Pemantauan, Pj Gubernur dan Forkopimda Sulsel Pastikan Perayaan Natal Berjalan Lancar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Pastikan perayaan Natal 2023 berjalan lancar, Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), meninjau persiapan perayaan Natal di Gereja Emanuel, Jl. Balaikota Makassar dan Gereja Katolik Jl. Tupai 2 Kecamatan Mamajang, Minggu malam, 24 Desember 2023.

Selain Forkopimda, pemantauan tersebut diikuti juga oleh Wali Kota Makassar, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh elemen masyarakat lainnya.

“Malam ini kami melakukan pemantauan, memastikan penyelenggaraan ibadah atau perayaan Natal di Wilayah Sulawesi Selatan itu berlangsung aman dan damai. Ini Bapak Kapolda (Sulsel) langsung yang melakukan koordinasi di lapangan,” ungkap Bahtiar kepada awak media, Minggu malam, 24 Desember 2023.

Baca Juga: Peringatan Hari Ibu, Pj Sekprov Sulsel: Momentum Bangkitnya Perempuan Indonesia

Untuk itu, ia bersama seluruh rombongan pemantauan tersebut menyampaikan rasa syukur atas perayaan Natal tahun 2023 ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan damai. Dengan demikian, kemajuan sebuah daerah dimulai dari kerukunan antar umat beragama.

“Jadi sekali lagi kita mengucapkan syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas izinnya, seluruh umut beragama di Sulawesi Selatan selama ini rukun dan damai. Kita sama-sama jaga daerah ini, karena dengan daerah kita tenang dan damai, InsyaAllah mudah-mudahan daerah kita maju,” harap mantan Pj Gubernur Kepulauan Riau itu.

Secara khusus kepada seluruh umat Kristiani yang merayakan ibadah Natal, ia menyampaikan selamat Natal untuk seluruh umat Kristiani se-Sulsel, se-Indonesia bahkan seluruh dunia.

Baca Juga: Libatkan Penyandang Disabilitas Hingga Aktivis Perempuan, Peringatan Hari Ibu Tingkat Provinsi Sulsel Berlangsung Meriah

“Sekali lagi kami mengucapkan selamat Natal dan terimakasih kepada umat Kristiani di seluruh Sulawesi Selatan, seluruh Indonesia dan bahkan seluruh dunia. Kita ucapkan selamat Natal, dan kita sama-sama menyongsong Tahun Baru 2024 yang aman dan damai. Kita saling membutuhkan dan saling mendukung untuk membangun negara ini,” urainya.

Pengurus FKUB Provinsi Sulsel, Pendeta Andie Massie, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pj Gubernur Sulsel dan seluruh Forkopimda Sulsel sudah sama-sama melakukan pemantauan berjalannya ibadah Natal dengan aman dan damai.

“Terimakasih kita sudah sama-sama Pj Gubernur, Pak Kapolda dan semua Forkopimda, Ibu Ketua yang luar biasa telah mendampingi pelaksanaan kegiatan ibadah Natal malam ini,” tuturnya.

Baca Juga: Peringati Hari Ibu, Sofha Marwah Bahtiar Silaturahmi Kunjungi Tiga Tokoh Perempuan Sulsel

Menurut dia, semua ini adalah suatu yang luar biasa sekali kita diberikan kesempatan khususnya FKUB untuk bersama-sama memantau beberapa gereja, untuk melihat keamanan benar-benar aman dan dilakukan dengan baik.

“Kita berdoa semoga semua berjalan dengan baik sampai di tahun 2024, sehingga masyarakat kita Indonesia akan semakin maju,” harapnya.

Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kota Makassar, Kaswad Sartono mengakui, Provinsi Sulsel sangat luar biasa kerukunan antar umat beragamanya. Sejauh ini sangat aman, damai dan tenteram.

Baca Juga: Dorong Pengembangan Pariwisata Bulukumba, Pj Gubernur Sulsel Ingin Setara Labuan Bajo

“Malam ini saya berpandangan Sulawesi Selatan sangat luar biasa, kehidupan umat beragama sangat rukun, damai, begitu terjaga dengan baik,” akunya.

Apalagi, sebagai bentuk dukungan terhadap kerukunan antar umat beragama di Provinsi Sulsel dan Kota Makassar. Dia ikut bersama pemerintah setempat sama-sama menjaga ketertiban masyarakat Sulsel.

“Sekali lagi dalam rangka melayani kehidupan umat beragama secara maksimal, hadir Bapak Pj. Gubernur, Pak Kapolda, Pak Pangdam, Wali Kota, Ketua DPRD dan tokoh-tokoh agama dan seluruhnya. Ini adalah bentuk bahwa Sulawesi Selatan aman dan damai. InsyaAllah Indonesia hebat dan maju,” pungkasnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel-Bupati Bulukumba Jalan Santai Bersama Warga Sambil Bahas Sinergi Program

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, menyampaikan apresiasi kepada Pj. Gubernur Sulsel, Kapolda Sulsel, Pangdam Hasanuddin, Kabinda Sulsel dan seluruh Forkopimda Provinsi Sulsel. Serta para tokoh masyarakat Sulsel.

“Saya sebagai Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan mewakili pimpinan dan seluruh anggota DPRD Prov Sulsel, memberikan apresiasi tentunya kepada Pj. Gubernur dan tentu juga Bapak Kapolda beserta seluruh Forkopimda dan FKUB. Alhamdulillah malam ini kita memperlihatkan kebersamaan kita antara lintas agama,” urainya.

“Kita berharap perayaan Natal ini berjalan dengan damai dan lancar. InsyaAllah menjelang tahun baru tetap kondusif keadaan masyarakat,” tutupnya. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button