EkonomiNewsSulsel

Jelang Idul Adha, Bone Pasok Ratusan Sapi Penuhi Kebutuhan Warga Kaltim

BONE, NEWSURBAN.ID — Bupati Bone H. Andi Fahsar M. Padjalangi melepas ratusan sapi kurban di Lapangan Sepak Bola Desa Lompu, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin (04/07/2022).

Ratusan sapi tersebut untuk memenuhi kebutuhan selama Hari Raya kurban atau Idul Adha 1443 Hijriah tahun 2022 di Kota Balikpapan. Melalui kerja sama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Ellung Mangenre Bone dengan Perumda Manuntung Balikpapan, Kalimatan Timur (Kaltim).

Bupati Bone Andi Fahsar mengatakan ratusan sapi kirim memenuhi kebutuhan selama hari raya kurban nantinya. Bahkan, katanya, sapi di kirim bukan kali pertama.

Baca juga: Persiapan Idul Adha, Pemkab Bone Siapkan Ribuan Hewan Kurban

“Kita pernah mengirim sapi dengan jumlah besar, sebanyak 20 ribu ekor sebelum pandemi. Sapi yang kirim itu bersih dari penyakit. Di mana dan siapa saja yang terlibat maka akan mendapatkan berkahnya,” ujarnya.

Hanya saja, kata orang nomor satu daerah yang di juluki Bumi Arung Palakka ini mengkwatirkan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi. Hal ini ia pertegas perlu dipikirkan.

“Jangan sampai kita kirim dan ternyata sapi itu memiliki penyakit. Maka harus di cek betul dan keluarkan sertifikasi. Aagar jaminan bahwa sapi yang di kirim bebas penyakit PKM,” jelasnya.

Baca juga: Ditunjuk Jadi Direktur Perumda Bone, Andi Dirga Baso Jajaki Kerjasama dengan PT BULS

“Itulah pentingnya membutuhkan dokter kesehatan hewan agar kita tahu sapi mana memiliki penyakit dan sapi mana yang sudah pantas di kurbankan.

Walapun saat ini Sulsel bebas PKM. Tetapi kita harus jaga dan antisipasi untuk memantau setiap hewan yang di kurbankan.

“Jangan ada lagi sapi tanpa ada restu dari teman dokter dan penyuluh peternakan. Supaya masyarakat dapat mengkonsumsi kurban dengan tenang dan enak,” harapnya.

Baca juga: Perkuat Tata Niaga Daging Lokal, Perseroda RPH Matangkan Konsep

Sementara itu Direktur Perumda Ellung Mangenre Andi Dirga Baso mengatakan ini kerja sama dengan Perumda Manuntung saat kami bertandang ke Balikpapan pada dua bulan lalu.

“Ada 200 ekor sapi kita kirim secara bertahap. Upaya MoU ini kita sudah bangun dua bulan lamanya, 200 ekor per bulan selanjutnya,” ujarnya.

Baca juga: Dapat Sumbangan Sapi 1.4 Ton dari Warga Soppeng, Gubernur Jadikan Hewan Qurban Untuk Fakir Miskin

Suplai sapi tersebut, Andi Dirga mengaku meningkatkan PAD Kabupate Bone. Redistribusi pendapatan dari Dinas Peternakan.

“Mudah mudahan harapan kami ke depan yang lainnya bisa tingkatkan. Selain sapi masih ada juga empat sekarang ini di fokuskan. Antara lain beras, jagung, sapi dan rumput laut,” terangnya. (Fan/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button