NewsSulteng

Lahan Seluas 21,4 Hektare Terbakar di Poso, BPBD Sulteng: Warga Buka Lahan Baru

POSO, NEWSURBAN.ID  — Kebakaran lahan seluas 21,4 hektare, tepatnya di Desa Taripa, Kecamatan Pamona Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng). Informasi-dihimpun kejadian itu, pada Minggu, 20 Agustus 2023.

Kepala BPBD Sulteng, Andy Sembiring mengatakan kebakaran itu karena adanya warga membuka lahan dengan cara membakar kebunnya untuk dijadikan lahan baru. Hal ini membuat api membesar hingga membakar lahan luasan 21,4 hektare.

“Walaupun kejadian itu tidak ada korban jiwa. Hanya saja, berdampak lahan seluas 21,4 hektare itu ludes terbakar,” katanya saat-dikonfirmasi, Senin 21 Agustus 2023.

Baca juga: Respons Laporan Warga, Dinsos Amankan Seorang ODGJ di Sungai Poso

Andy Sembiring mengaku saat ini Tim reaksi cepat BPBD Sulteng turun melakukan assessment, untuk mengetahui titik dan pemetaan untuk luasan lokasi lahan terdampak. Serta jumlah kerugian akibat kebakaran tersebut.

“Sampai saat ini untuk total kerugiannya masih dalam tahap perhitungan. Sebagai petugas BPBD melakukan pemadaman titik lokasi kebakaran,” ujarnya.

Baca juga: Penyakit Demam Keong Mewabah di Sulteng, Dinkes Poso Minta Keterlibatan Lintas Sektor

Andy pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan baru dengan cara membakar atau membakar sampah di lahan terbuka.

Sementara, Bhabinkamtibmas Taripa, Brigpol, IK Ardi menambahkan, pembakaran lahan ini berawal masyarakat setempat untuk bercocok tanam dengan cara membakar. Dari keterangan saksi mengaku, warga melakukan pembakaran ini lupa mengecek ulang lokasi yang di bakar, karena dalam kondisi.

“Jadi besoknya, api melebar dan membesar hingga membakar lahan luasan 21,4 hektare itu,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button