NewsSulsel

Hadiri Apel Siaga Penanganan Dampak El Nino, Kapolres Luwu: Waspada Karhutla dan Optimalkan Jaringan Irigasi

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Kapolres Luwu AKBP Arisandi, menghadiri Apel Siaga dalam rangka kesiapan menghadapi kemarau panjang akibat fenomena El Nino yang bertempat di Rujab Gubernur Sulsel, Senin 28 Agustus 2023.

El Nino merupakan fenomena alami yang terjadi ketika suhu permukaan air di Samudra Pasifik Tengah dan Timur menjadi lebih hangat dari biasanya. Hal ini menyebabkan perubahan pola cuaca global yang dapat berdampak signifikan pada iklim di berbagai wilayah tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia.

Apel siaga tersebut dipimpin langsung Gubernur Sulawesi Selatan,Andi Sudirman Sulaiman bersama dengan Kapolda Sulsel Irjen Pol. Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso.

Baca juga: Penanganan El Nino Jadi Atensi Khusus Pemprov Sulsel

Kapolres Luwu AKBP Arisandi, disela-sela kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa apel siaga ini bertujuan untuk memastikan kerja sama kesiapsiagaan dan koordinasi yang baik antara TNI, Polri, BPBD, PMI, Pemadam Kebakaran serta peran masyarakat.

Hal ini dilakukan dalam menghadapi potensi bencana kebakaran hutan dan lahan akibat dampak dari El Nino. Serta menjamin ketersediaan sumber daya air bagi pertanian dan perkebunan.

“Ketersediaan air merupakan hal yang mendasar bagi masyarakat di tengah-tengah perubahan iklim akibat dampak el nino. Karena jika hal tersebut tidak terdukung, maka tentu akan berdampak lebih luas ke sektor yang lain termasuk ketahanan dan keamanan masyarakat,” katanya.

Baca juga: Minimalkan Kebakaran Hutan, Polsek Uluere Patroli Edukasi Warga

Kapolres Luwu menghimbau seluruh pihak untuk melakukan antisipasi dini termasuk dengan tidak membakar lahan yang berpotensi akan mengakibatkan kebakaran hutan.

Di samping itu, kata dia, segenap unsur pemerintahan akan terus mengupayakan perbaikan jaringan irigasi. Agar dapat-dimanfaatkan oleh sektor pertanian dan perkebunan untuk sekaligus menjaga ketahanan pangan di Sulawesi Selatan.

Apel siaga gerakan nasional penanganan dampak el nino di Sulawesi Selatan. Turut hadir oleh beberapa pejabat utama Polda Sulsel, Kepala Dinas lingkup Pemprov Sulsel, Kapolres jajaran Polda Sulsel. Serta para Bupati/Walikota. (Arif/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button