NewsPariwisataSulteng

Rusdy Mastura Beberkan Potensi Wisata Sulteng di Forum Wisata Tempo-Kemenparekraf

PALU, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura membeberkan potensi wisata Sulteng pada Forum Wisata di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Forum Wisata itu,digelar PT. Tempo Inti Media bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Gubernur Rusdy Mastura pada kesempatan itu,didampingi Karo Administrasi Pimpinan Edy Lesnusa.

Direktur Utama PT. Tempo Inti Media, Arif Zulkifli, menyampaikan Forum Wisata berkerja sama Kemenparekraf. Forum ini, untuk mengajak Pemerintah Daerah mendorong pengembangan pariwisata dan Ekraf di daerah melalui berbagai program. Di antaranya Jelajah Negeri dan Eksploitasi Hidden Paradise.

“Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merupakan salah satu sektor andalan Indonesia dalam penerimaan devisa negara,” kata AriF Zulkifli.

Baca Juga: Gubernur Rusdy Mastura Ungkap Strategi Selesaikan Dampak Tiga Bencana Sulteng di FGD UNDP

Karena itu, Kemenparekraf terus berupaya meningkatkan potensi destinasi pariwisata. Dengan mengedepankan standar CHSE/Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan) dan Environment (Ramah Lingkungan).

Kemenparekraf juga berupaya agar pemangku kepentingan dan pelaku industri pariwisata berkolaborasi. Untuk kemajuan bersama Gercep, Geber, dan Gaspol (3G) menjadi pedoman Kerjanya.

Sementara itu, Gubernur Rusdy Mastura mengapresiasi kegiatan PT. Tempo Inti Media bersama Kemenparekraf itu. Menurutnya, Forum Wisata ini, akan mendorong daerah untuk mengembangkan ekonomi kreatif di daerah. Dan mengembangkandestinasi wisata di daerah masing-masing.

Baca Juga: Festival Danau Poso, Gubernur Rusdy Harap Bangkitkan Pariwisata Sulteng

“Sulawesi Tengah memiliki banyak destinasi wisata yang potensial di kembangkan,” ujar Rusdy Mastura menjelaskan potensi wisata Sulteng di Forum Wisata Tempo Kemenparekraf.

Ia menyebut contoh, destinasi Wisata 1.000 Megalit, potensi wisata bawah laut Donggala. Dan pariwisata Donggala dengan Sanset Yang sangat Indah. Juga, potensi Wisata Togean dan potensi Wisata Banggai.

Karena itu, Rusdy Mastura mengharapkan dukungan dari pemerintah pusat agar dapat meningkatkan potensi pariwisata tersebut. Rusdy inginkan pusat memberu dukungan peningkatan infrastruktur pendukuñg pengunjung wisata.

Baca Juga: IAGI Sulteng Diharap Bersinergi Wujudkan Geopark Palu City Jadi Destinasi Wisata

“Apalagi dengan Penindahan IKN di Kalimantan. Sulawesi Tengah memiliki posisi strategis untuk mendukung IKN dari semua sektor. Kami punya sektor pertanian, perkebunan, dan tak kalah penting pariwisata kami sangat indah,” kata Rusdy Mastura. (bap/ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button