HukumNewsPolitikSulsel

Kepala Desa Salampe Bone Terkesan Menghalang-halangi Rivalnya Maju di Pilkades

BONE, NEWSURBAN.ID – Sikap Kepala Desa Salampe, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, dipertanyakan. Pasalnya, Kepala Dusun Kareango, Syamsuddin yang mau ikut kontestasi Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) gelombang kedua secara serentak di Kabupaten Bone, terkesan di halang-halangi rivalnya.

Hal ini diketahui setelah Kepala Desa Salampe, Sirajuddi tak mau menerbitkan surat cuti Syamsuddin sebagai bentuk syarat calon kepala desa. Demikian-disampaikan Arman, salah satu kolega dari Syamsuddin, Rabu (21/09/2022).

Baca juga: Wabup Ambo Dalle Ingatkan Pelaksana Pilkades Serentak Bone Jaga Independensi

Menurutnya, tindakan-dilakukan oleh kepala desa Salampe ini ingin mengorbankan hak seseorang untuk di pilih.”Padahal surat pengajuan cuti sudah kami sampaikan secara lisan maupun tulisan sejak di bukanya tahapan pendaftaran sejak hari Senin lalu,” terang Arman.

Lanjut kata Arman, langkah dilakukan oleh kepala desa terkesan ingin memuluskan langkahnya ingin kembali menjadi kepala Desa Salampe. “Terkesan ingin memuluskan langkahnya, namun mengorbankan hak orang lain untuk kepentingan sendiri,” ungkapnya.

Baca juga: Lantik 177 Kades Terpilih, Bupati Bone Harap Wujudkan Kesejahteraan Tanpa Membedakan Golongan

Sementara Manager Opini Publik dan Politik Persfektif Institute, Ismail menilai tindakan Kepala Desa Salampe sudah melabrak aturan Permendagri.

“Dalam aturan Permendagri cukup jelas bahwa bagi calon kepala desa yang dari aparatur desa. Baik incumbent kepala desa yang masih menjabat ataupun dari unsur perangkat desa mewajibkan untuk cuti,” katanya.

Selain itu, Ismail menjelaskan aturan Pilkades juga-dituangkan dalam peraturan bupati (Perbup) tahun 2020. “Beda halnya dengan ketua/anggota BPD yang-diharuskan mundur dari jabatan setelah-ditetapkan sebagai calon kepala desa,” ujarnya.

Baca juga: Sambut Pilkades Serentak, Warga Lamuru Buat “Kawasan Tidak Bebas Serangan Fajar”

Konfirmasi terpisah Kepala Desa Salampe, Sirajuddi, melalui nomor teleponnya tidak aktif. Hingga berita ini di muat.

Kepala Desa Salampe, Kecamatan Ponre Sirajuddi,diketahui bakal maju kembali menjadi calon kepala desa Pilkades serentak pada 20 November 2022 mendatang. Pilkades gelombang kedua di Kabupaten Bone ikuti sebanyak 141 desa. (Fan/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com