NewsPolitikSulsel

Bupati Bone: Kalau ada Petahana Tidak Terpilih, Berarti Kinerjanya Buruk

BONE, NEWSURBAN.ID –– Bupati Bone Andi Fahsar M. Padjalangi, menekankan kepada Petahana akan maju dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Kabupaten Bone, menjadi contoh keteladanan bagi calon lainnya.

Apalagi menurutnya, Petahana terkesan ingin melabrak aturan yang sudah ditentukan. “Petahana jangan main-main. Apalagi ingin melanggar regulasi yang ada. Seperti Peraturan Bupati (Perbup) dan Peraturan Daerah (Perda),” ungkap Andi Fahsar dalam penyerahan surat cuti sejumlah calon kepala desa, Jumat (23/09/2022).

Sebanyak 94 cakades diberikan surat cuti, Andi Fahsar menegaskan, surat izin cuti itu merupakan sebuah kewajiban berdasarkan regulasi dalam Pilkades.

Baca juga: Kepala Desa Salampe Bone Terkesan Menghalang-halangi Rivalnya Maju di Pilkades

“Semua cakades wajib mengambil surat cuti sebagai syarat menjadi calon dalam Pilkades. Jika tidak mengajukan cuti, maka akan gugur pencalonannya di tahapan syarat dokumen calon kades di Pilkades,” jelasnya.

Bupati dua periode di Bone, mengaku jika Petahana yang akan mencalonkan tidak terpilih lagi di Pilkades pada 20 November 2022 mendatang. Artinya, Petahana ini mempunyai riwayat kemimpinannya dipertanyakan.

“Selama 6 tahun memimpin dan membangun desa. Kalau ada petahana yang tidak terpilih kembali berarti kinerja-mu memang buruk di mata masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: LBH-IHI Duga Praktik Money Politics Marak Jelang Pilkades Serentak di Bone

Andi Fahsar pun meminta kepada Petahana untuk menjaga marwah demokrasi di Bone, untuk menjadi garda terdepan mengawal pilkades berjalan aman dan damai.

“Kalau sudah menjadi calon. Tinggalkan fasilitas desa yang di gunakan,” tambahnya.

Baca juga: Viral Video Bagi-bagi Amplop Jelang Pilkades Serentak di Bone

Sementara, Kepala DPMD Bone, Andi Gunadil Ukra mengaku dari 141 desa di Kabupaten Bone yang akan menghelat Pilkades mendatang.

“141 desa yang akan melakukan pemilihan, 94 calon kepala desa mengajukan cuti. Serta ada 24 ASN yang mengajukan cuti,” ucapnya.

Sekedar-diketahui Pilkades secara serentak yang akan terselenggrakan pada 20 November 2022 mendatang, gelombang kedua di Kabupaten Bone. (Fan/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button