EkonomiMetroNews

Dukung Program Unggulan Pemda, BRI Bulukumba Serahkan Ribuan Bibit Durian Musang King

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID Sebagai bentuk dukungan terhadap program unggulan Pemerintah Kabupaten Bulukumba yakni program bibit unggul, Bank BRI Cabang Bulukumba menyerahkan bantuan bibit unggul kepada masyarakat melalui pemerintah setempat.

Bibit unggul yang diserahkan berupa bibit durian Musang King 450 pohon di Desa Bontoharu Kecamatan Rilau Ale. 250 pohon di Desa Tibona Kecamatan Bulukumpa, serta 450 pohon di Desa Dampang Kecamatan Gantarang.

“Insya Allah pekan depan, kami juga akan menyerahkan 450 bibit durian Musang King di Desa Dampang,” kata Pimpinan Cabang BRI Bulukumba, Suryadi saat penyerahan bibit unggul di aula Kantor Desa Bontoharu, Senin 10 Oktober 2022.

Baca Juga : Pembangunan Jembatan Lanrange Selesai, Bupati Wajo Tunggu Waktu Gubernur untuk Peresmian

Dikatakan, pembagian bibit ini merupakan bagian dari Gerakan BRI Menanam untuk mendukung Kabupaten Bulukumba sebagai sentra perkebunan buah di masa mendatang.

Tidak hanya bibit durian Musang King, pihaknya juga tambah Suryadi memberikan bantuan jeruk keprok sebanyak 300 pohon di Desa Tritiro Kecamatan Bontotiro.

Suryadi berharap dengan pengadaan bibit unggul ini, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bulukumba karena di dukung oleh kondisi alam yang bagus untuk perkebunan.

Melalui Gerakan BRI Menanam, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Bank BRI Cabang Bulukumba. Yang telah mendukung program unggulan Pemerintah Daerah melalui pengadaan bibit unggul.

Menurutnya bantuan bibit durian Musang King adalah upaya bersama dalam mewujudkan pembangunan sektor pertanian/perkebunan. Melalui penyediaan bibit unggul untuk meningkatkan kualitas dan hasil pertanian Kabupaten Bulukumba ke depan.

Selain anggaran pemerintah daerah dan pemerintah desa. Pihak perbankan atau BUMN juga dapat dapat menyisihkan anggaran CSR nya untuk kepentingan pengadaan bibit unggul.

“Jika bibit unggul ini berhasil maka income pendapatan masyarakat juga meningkat. Jika pendapatan masyarakat meningkat maka perekonomian daerah juga meningkat. Tentu transaksi keuangan di bank juga ikut meningkat,” ungkap Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba.

Sejatinya, tambah Andi Utta, penanaman bibit unggul ini, menjadi gerakan bersama seluruh elemen yang ada di Kabupaten Bulukumba. Sehingga siapa saja bisa berpartisipasi dalam pengadaan bibit unggul.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Apresiasi Pencanangan Zona Integritas BBPPKS

“Kita berharap ke depan, Bulukumba menjadi sentra buah buahan yang berkualitas ekspor,” kata Andi Utta yang juga telah membagikan ribuan bibit unggul melalui dana CSR perusahaannya.

Untuk diketahui, durian Musang King adalah jenis durian baru yang berasal dari Malaysia. Yang mempunyai keunggulan rasa dan daging buahnya yang sangat tebal.

Budidaya durian Musang King di Indonesia masih sangat sedikit sedangkan permintaan buah dan bibit durian Musangking cukup tinggi.

Di Kabupaten Bulukumba luas areal pertanaman durian sebesar 1.130 hektar. Yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Bulukumpa, Kindang, Rilau Ale dan Gantarang. Namun jenis durian yang di budidayakan selama ini, pada umumnya masih jenis durian lokal dan jenis montong.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com