MetroNewsNusantara

Bapenda Makassar Target Pajak Restoran Rp230 Miliar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar terus mengoptimalkan peningkatan pajak restoran dan rumah makan. Sosialisasi terus dilakukan bagi wajib pajak.

Salah satunya dengan mengelar Sosialisasi Pajak Daerah Restoran di Hotel Horison, Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Sulawesi Selatan. Ratusan pengusaha restoran di beri pemahaman dan edukasi.

“Dengan kita mengingatkan wajib pajak terkait kepatuhan apalagi ini kita lihat ekonomi di Makassar sudah rebon lagi,” kata Kepala Bidang Pajak 1 dan Retribusi Daerah Bapenda Makassar, Harryman dalam keterangannya, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Melanggar Morotarium, Bapenda Makassar Tertibkan Reklame Liar

Harryman menjelaskan upaya ini dilakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak restoran di Makassar.
Iapun yakin para wajib pajak taat dan patuh akan kewajibannya.

“Kelihatan juga dari pembayaran pajak ini mengalami peningkatan cukup signifikan. Sudah ada kelebihan di bulan juli Rp 35 Miliar,” ucapnya.

Harryman yakin pendapatan dari sektor pajak di Kota Makassar bisa tercapai dengan dengan target hingga akhir tahun 2022.

Baca Juga: Bapenda Makassar Hadirkan Aplikasi Pembayaran Pajak PAKINTA

“Mudah-mudahan target Rp 230 M bisa kita capai tahun ni dan progres luar biasa. Sudah lebih Rp 120 M artinya sudah melewatinya, masih ada waktu 6 bulan kita maksimalkan,” bebernya.

Untuk mendapatkan itu, Bapenda Makassar terus melakukan upaya maksimal mulai dari uji petik hingga pemasangan kamera.

“Ada pemasangan alat online kita kombain manusia dengan uji petik dan terakhir coba yang bandel kita pasangan CCTV,” ucapnya.

“Kita lihat data pembanding jangan sampai pajaknya rendah dan orangnya ramai dan peningkatan itu pajak bisa maksimal,” jelasnya.

Baca Juga: Merespons Temuan BPK, Bapenda Makassar Bubarkan Laskar Pajak

Sementara itu, Kepala Bapenda Kota Makassar Firman Paggara mengatakan pihaknya terus melakukan upaya untuk meningkatkan PAD di Makassar. Mulai edukasi hingga sosialisasi.

“Ini upaya upaya edukasi kepada seluruh wajib pajak khususnya restauran untuk selalu tepat waktu dan tepat jumlah dalam membayarkan pajaknya,” kata Firman.

Mantan Kabag Humas Pemkot Makassar ini yakin PAD Makassar meningkat dari tahun ke tahun. Olehnya itu petugas di harapkan bekerja maksimal.

“Selain edukasi melalui sosialisasi juga ada penerapan uji petik, pemasangan kamera dan beberapa mesin Taiping box, upaya ini yang-dilakukan pada saat ini oleh Bapenda Kota Makassar,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button