NewsSulsel

679 Tahun Kabupaten Sidrap, Gubernur Andi Sudirman: Alhamdulillah, Rp300 Miliar Alokasi Sejumlah Program Prioritas

SIDRAP, NESURBANN.ID — Momentum 679 Tahun Kabupaten Sidrap, Gubernur Sulawesi Selatan terus mendorong pembangunan di daerah itu. Selama lima tahun terakhir, Pemprov Sulsel telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp300 miliar.

“Alhamdulillah, sekitar Rp 300 Miliar telah dialokasikan anggaran Pemprov Sulsel di Kabupaten Sidrap. Kita terus mendorong pembangunan di sejumlah potensi unggulan di Sidrap,” ujar Gubernur pada acara 679 Tahun Kabupaten Sidrap di halaman Kantor Bupati Sidrap, Sabtu (18/2/2023).

Di mana pada tahun 2022, Pemprov Sulsel telah melakukan rekonstruksi jalan ruas Pinrang – Rappang, Rappang – Batas Soppeng (long segment) dengan nilai Rp54,3 miliar; lanjutan pembangunan rest area Datae Sidrap; serta bantuan lainnya.

Baca Juga: Gubernur Andalan Beri Santunan Guru Tertimpa Pohon di Sidrap

Termasuk bantuan keuangan TA 2022 senilai Rp6 miliar untuk pembangunan jembatan gantun Belawae (ruas Compong-Larompong) dan rehabilitasi sejumlah daerah irigasi di Sidrap.

Sebagai wujud mendukung pembangunan di daerah, tahun ini Gubernur Sulsel kembali mengalokasikan bantuan keuangan Pemprov Sulsel TA 2023 senilai Rp15 miliar. Bantuan keuangan itu, untuk jalan ruas Compong – Larompong, pembangunan jalan prioritas Kabupaten, dan subsidi trans andalan Sulsel.

“Alhamdulillah, tahun ini kembali kita alokasikan bantuan keuangan Rp15 miliar untuk Kabupaten Sidrap. Kita berharap dapat segera direalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga: Petani di Sidrap Akui Produksinya Meningkat Berkat Mandiri Benih Padi Bantuan Gubernur

Untuk tahun 2023 ini, Pemprov Sulsel juga mengalokasikan sejumlah pembangunan prioritas di Sidrap. Di antaranya rekonstruksi jalan ruas Tanru Tedong-Dongi-Salokarajae dengan alokasi Rp16,2 miliar; rehabilitasi jalan ruas Pinrang-Rappang dengan alokasi Rp14 miliar; Rekonstruksi jalan ruas Batas Soppeng-Pangkajene Sidrap Rp16,1 miliar; dan sejumlah program prioritas lainnya.

Di sektor lainnya, Pemprov Sulsel juga menyalurkan bantuan program Mandiri Benih di Sidrap. Terlebih Sidrap dikenal sebagai daerah yang berkontribusi besar pada produksi padi di Sulsel.

“Tahun lalu, kita telah menyalurkan bantuan mandiri benih padi unggul secara gratis sebanyak 110 ton untuk lahan seluas 4.400 hektare. Insya Allah, tahun ini akan kembali kita salurkan benih padi sebanyak 200 ton untuk lahan seluas 8 ribu hektare di Sidrap,” jelasnya.

Baca Juga: 17 Tahun Kota Belopa, Gubernur Andi Sudirman: Pemprov Sudah Kucurkan Bantuan Untuk LuwuRp400 Miliar

“Kita berharap 679 Tahun Kabupaten Sidrap (Sidenreng Rappang), bersama Bupati Bapak Ir. H. Dollah Mando dan Wakil Bupati Bapak Ir. H. Mahmud Yusuf, dengan berkolaborasi Sidrap akan jauh lebih tangguh untuk menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sulsel menyerahkan bantuan hibah sarana dan lembaga keagamaan melalui APBD Pokok TA 2023 dengan total Rp. 900 Juta untuk sejumlah Masjid di Sidrap.

Gubernur Sulsel juga meresmikan sejumlah pembangunan melalui bantuan keuangan Pemprov. Di antaranya rehabilitasi DI Wette’e di Kecamatan Panca Lautang; peningkatan jaringan irigasi Larang Loka di Kecamatan Pitu Riawa; rehabilitasi DI Jampue di Kecamatan Watang Pulu; dan rehabilitasi DI Arateng di Kecamatan Tellu Limpoe.

Sementara itu, Bupati Sidrap, Dollah Mando menyampaikan terimakasih atas bantuan itu. “Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Sidrao menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Sulawesi Selatan. Atas dukungan sinergitas dan kerjasama yang terjalin dengan baik dan harmonis hingga sejauh ini,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button