NewsSulsel

Andi Herfida Muchtar Lantik Pengurus Pokja Bunda PAUD Bulukumba

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menghadiri pelantikan pengurus Kelompok Kerja atau Pokja Bunda PAUD Bulukumba Periode 2023-2026.

Setelah dilantik bulan lalu oleh ibu Gubernur di Makkasar, Bunda PAUD Bulukumba Hj Andi Herfida Muchtar menindaklanjuti dengan melantik dan mengukuhkan puluhan pengurus Pokja Bunda PAUD Bulukumba di Gedung PKK Bulukumba, Rabu, 14 Juni 2023.

Andi Herfida Muchtar dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan hal mendasar dalam pembentukan karakter anak, seperti kedisiplinan, kejujuran, etos kerja dan spiritual.

“Anak-anak usia dini terlebih dahulu harus dibentuk karakternya. Kemudian, dia bisa tahu seperti apa budaya bangsa Indonesia dan daerah tercinta Bulukumba,” ujarnya seusai melantik pengurus Pokja Bunda PAUD Bulukumba.

Baca Juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup, DLHK Bulukumba Tanam Pohon di Pantai Merpati

Kurikulum yang dulu katanya, menuntut anak-anak pandai membaca dan menulis saat masuk bangku sekolah dasar. Seiring dengan perkembangan, maka kurikulum pun berubah.

“Sekarang sudah ada pembaharuan kalau pondasi bagi anak-anak PAUD adalah pembentukan karakter. Ini yang penting untuk-diketahui oleh anak-anak usia dini,” jelas Andi Herfida.

Kadis Kebudayaan Kota Makassar ini berpendapat, anak usia dini bagaikan kertas kosong yang siap-ditulisi apa pun di atasnya. Atau dalam perspektif ajaran agama Islam menyebutnya “fase fitrah”, artinya bersih dan polos.

“Peran orang tua dan para gurulah yang akan berperan mengisi dan membentuknya. Pendidikan karakter yang-dilakukan saat anak usia dini akan menjadi pondasi dan dasar baginya sebelum pendidikan kognitif lainnya-diberikan,” kata Andi Herfida.

Baca Juga: Kejurda Pelajar Sulsel, Bulukumba Kirim Puluhan Atlet di 6 Cabor

Istri dari Bupati Bulukumba ini menyebutkan peran Bunda PAUD dan Pokja PAUD sangat penting sekali dalam proses penanaman karakter unggul dalam proses pendidikan anak usia dini.

“Pentingnya pendidikan sejak kecil supaya terus berbekas, maka ada pepatah mengatakan belajar di waktu kecil seperti mengukir di atas batu, belajar sesudah dewasa seperti mengukir di atas air,” jelas Andi Herfida.

Ia pun melontarkan apresiasi untuk tugas dan tanggung jawab Pokja Bunda PAUD Bulukumba untuk ambil peran membantu program-program pemerintah daerah demi mewujudkan generasi emas Bulukumba.

“Semoga melalui pelantikan Pokja PAUD ini, kita bisa mewujudkan harapan bahwa anak-anak Indonesia khususnya di Bumi Panrita Lopi dapat memperoleh pendidikan PAUD yang berkualitas,” imbuhnya.

Baca Juga: Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Bulukumba, Dinas Dukcapil Keliling 10 Kecamatan Rekam KTP Elektronik

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi pelantikan Pokja Bunda PAUD Bulukumba tersebut. Ia berharap keberadaan Pokja Bunda PAUD Bulukumba dapat menunjukkan peran yang lebih nyata.

“Semoga para pengurus dapat mengemban amanah organisasi dengan sebaik-baiknya, serta penuh kebersamaan dan rasa tanggung jawab yang tinggi,” katanya.

Bupati berlatar pengusaha ini mengatakan, PAUD adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang-ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun.

Mengingat pentingnya PAUD, kata Muchtar Ali Yusuf, maka pengembangan anak usia dini harus-dilakukan secara holistik dan integratif pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.

Baca Juga: Dua Hari Operasi, Delapan Ekor Sapi Liar di Bulukumba Ditangkap

“Dalam melaksanakan program Pendidikan Anak Usia Dini ini, maka leading sektor, seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Sosial wajib terlibat. Untuk bersama-sama melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab dan kewenangan masing-masing,” pinta Bupati yang akrab dengan sapaan Andi Utta.

Andi Utta berpandangan, PAUD adalah proyek jangka panjang yang menjadi tanggung jawab bersama. Dalam mewujudkan SDM (sumber daya manusia) Kabupaten Bulukumba yang unggul atau Generasi Emas di masa-masa mendatang.

Selain Bupati, pada pelantikan juga hadir Kadisdikbud Andi Buyung Saputra, Kadisdukcapil Dedi Rahmadi, pengurus PKK, DWP. Serta beberapa perwakilan organisasi kemasyarakatan.

Struktur Pengurus Pokja Bunda PAUD ini, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor: 01/BUNDA-PAUD/BLK/VI/2023 Tentang Kelompok Jerja (Pokja) Bunda PAUD Kabupaten Bulukumba Periode 2023-2026

Berikut komposisi Kepengurusan:

Ketua: Haidir, S.Pd.I, M.Pd, P.Hd
Waket 1: Hj Hamrina A Muri, S.Pd, M.Si
Waket 2: A. Adriani Tahir, SH
Waket 3: Ruslan Mattoreang, S.Sos, M.Pd

Sekretaris: Dra.Hj.Hartati H. M.Pd
Wasek: Hj. Rohani, S.Pd, M.Pd

Bendahara: Dra.Hj.A.Sumarni AM, S.Pd, MM
Wabend: A. Muliana, S.Pd, M.Pd

Selain itu, ada puluhan pengurus Pokja Bunda PAUD Bulukumba masing-masing tergabung di Bidang Perencanaan dan Pengembangan Program. Sosialisasi dan Advokasi, Koordinasi dan Kerjasama Kemitraan, Pengawasan/Monitoring dan Evaluasi, serta Sekretariat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button