NewsSulsel

Rakor Pengendalian Inflasi, Bupati Andi Utta: Ketahanan Pangan Solusinya

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Bersama dengan kepala daerah se Sulawesi Selatan, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor)Pengendalian Inflasi yang digelar di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Senin 11 September 2023.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin ini juga dilaksanakan secara daring untuk mengikuti rapat koordinasi secara nasional inflasi yang-dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian.

Mendagri Tito Karnavian dalam arahannya menyebut, secara umum inflasi secara nasional cukup terkendali. Pada Bulan Agustus 2023, tercatat inflasi 3,27 persen.

Baca Juga: Ikuti Rakornas TPID, Pj Gubernur Sulsel Minta Kepala Daerah Serius Tangani Inflasi

“Inflasi bisa kita imbangi dengan gerakan pangan, memperkuat cadangan stok beras pemerintah. Kita bisa lakukan intervensi, agar kenaikan harga beras tidak membebani masyarakat,” kata Tito Karnavian.

Tito Karnavian juga meminta agar kepala daerah bersama Tim Penggerak PKK melakukan kampanye Setop Boros Pangan, secara massif. Apalagi, Indonesia merupakan negara kedua di dunia yang boros pangan.

Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mengatakan, pengendalian inflasi di Sulsel merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari kinerja seluruh kepala daerah, jajaran Forkopimda, dan semua stakeholder lainnya.

Baca Juga: Sukses Raih Penghargaan 10 Juta Bendera dari Mendagri, Pemkab Apresiasi Masyarakat Bulukumba

Ia memaparkan, selama triwulan dua tahun 2023, perekonomian Sulsel mampu menciptakan nilai tambah sebesar Rp165,05 triliun. Tercatat inflasi Sulsel pada Bulan Agustus 2023 sebesar 3,53 persen, sementara inflasi nasional 3,27 persen.

“Deflasi tertinggi di Kota Palopo -0,23 persen, dan deflasi terendah di Kabupaten Bulukumba -0,04 persen,” ungkap Bahtiar.

Bahtiar mengimbau para kepala daerah agar turun langsung ke pasar mengecek perkembangan harga-harga kebutuhan pokok, dan serius melakukan penanganan inflasi. Juga meminta agar mendorong masyarakat memanfaatkan pekarangan mereka menanam komoditi pemicu inflasi, seperti cabe rawit.

Baca Juga:.Dua Puskesmas Bulukumba Raih Predikat CoE

Dalam pertemuan tersebut, Bahtiar mengungkapkan ada lima hal yang perlu-dilakukan pemerintah daerah untuk penanganan inflasi. Antara lain, memperbanyak kegiatan pasar murah, mengoptimalkan belanja APBD, mitigasi stabilisasi pasokan dan harga pangan di wilayah masing-masing, mulai melakukan gerakan pangan murah, dan penguatan cadangan pangan pemerintah daerah.

Sementara itu Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menyampaikan bahwa apa yang menjadi program prioritas dari Penjabat Gubernur juga merupakan agenda dari Pemerintah Kabupaten Bulukumba. Misalnya untuk memperkuat ketahanan pangan, Andi Utta sapaan akrab bupati mengaku sejak awal pemerintahannya sudah mendorong ketahanan pangan. Menurutnya memperkuat ketahanan pangan itu menjadi salah satu solusi pengendalian inflasi.

“Mulai dari program pembagian bibit unggul sampai pada pemanfaatan pekarangan dan lahan kosong untuk tanaman produktif,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemkab Bulukumba Terima Penghargaan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dari Kemendagri

Andi Utta optimis dengan memperkuat ketahanan pangan, maka daerah berjuluk Butta Panrita Lopi ini akan bertahan pada situasi krisis. Sebab masyarakat Bulukumba secara mandiri menyiapkan bahan pangannya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button