NewsSulsel

Tari Kajang Bulukumba Warnai Perayaan Hari Jadi Sulsel ke 354

BULUKUMB, NEWSURBAN.ID – Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf didampingi Ketua TP-PKK Bulukumba Hj Andi Herfida Muchtar menghadiri seremoni pembukaan Hari Jadi Sulawesi Selatan ke 354 tahun 2023. Tari Kajang tampil di Seremoni pembukaan itu, di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar, Rabu malam, 18 Oktober 2023.

Pembukaan Hari Jadi Sulsel tahun ini, juga diwarnai dengan penampilan budaya Tari Kajang binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulukumba.

Selain Tari Kajang, penampilan budaya lainnya yaitu Tari Pangadakkang (Sanggar Patonro-Disbudpar Prov Sulsel), serta Tari Majeppeng(Disdikbud Kota Parepare).

Baca Juga: Bupati Bulukumba Terima Penghargaan KPID Sebagai Kepala Daerah Peduli Penyiaran

Kepala Seksi Kesenian-Disdikbud Bulukumba, A. Mirza Milanie menyampaikan bahwa ada dua Tari Kajang yang tampil pada pembukaan HUT Sulsel 2023. Yaitu tari Topi Le’leng dan tari Pabbitte Passapu.

“Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulsel yang meminta kami khususnya bidang kebudayaan untuk turut berpartisipasi. Di pembukaan Hari Jadi sulsel,” katanya, Kamis, 19 Oktober 2023.

Olehnya itu, pihaknya memboyong Sanggar Seni Toriolo Kajang untuk berpartisipasi ambil bagian pada perayaan HUT Sulsel 2023.

“Peserta tari berjumlah 26 orang dengan pendamping 2 orang. Adik-adik sanggar ke Makassar pada Selasa sore,” jelas Mirza Milanie.

Baca Juga: Produk UMKM Bulukumba Tmpil pada Pesta Rakyat Hari Jadi Sulsel

Sementara itu, Kabid Humas-Diskominfo Bulukumba Andi Ayatullah Ahmad menyampaikan bahwa tari asal Kajang ini sudah sering-ditampilkan di Makassar. Baik kegiatan yang-dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Makassar maupun Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Artinya tarian budaya asal Kabupaten Bulukumba di akui eksistensinya karena selalu di perhitungkan. Untuk di tampilkan pada kegiatan di Makassar,” ungkap Andi Ullah sapaan akrabnya.

Di ketahui dalam peringatan Hari Jadi Sulsel tahun ini, panitia pelaksana juga menggelar Pameran yang menampilkan stand dari 24 kabupaten kota yang-dipusatkan di Anjungan Pantai Losari. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button