NewsNusantaraSulteng

Kongres I IAPI Sulteng Bahas Palu Geopark City

# Wildani Pingkan Hamzens Kembali Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua IAPI Sulteng periode 2022-2016

PALU, NEWSURBAN.ID — Palu Geopark City menjadi salah satu isi yang mengemuka dalam Kongres I Ikatan Ahli Perencana Indonesia Sulteng (Kongres I IAPI Sulteng) 2019-2022, di Swissbell Hotel, Sabtu (12/11/2022).

Di kesempatan tersebut hadir Staf Ahli Bidang SDM Pengembangan Kawasan dan Wilayah Pemprov Sulteng Faridah Lamarauna, S.E, M.Si, Ketum IAPI, Dr. Phil Hendricus Andy Simarmata, S.T, M.Si.

Wali Kota Palu,diwakili Sekretaris Bappeda Kota Palu H. Ibnu Mundzir, SP, M.Eng, Ketua IAP Indonesia Sulteng Dr. Wildani Pingkan Hamzens ST, MT, Sekjen IAPI Sulteng Renko Hutama Putra Tobondo, Dewan Penasehat IAPI Sulteng pejabat mewakili PU Kota Palu.

Baca Juga: Percantik Kota Palu, Pemkot Data dan Tata Bangunan di Lima Kelurahan

“IAPI Sulteng punya image bagus karena sangat getol menyuarakan Palu Geopark City,” kata Ketum DPP IAPI, Dr. Phil Hendricus Andy Simarmata, S.T, M.Si, saat membuka kegiatan Kongres I IAPI Sulteng tahun 2019-2022.

Ia menjelaskan, Geopark adalah sebuah wilayah yang-difungsikan sebagai kawasan lindung. Dan di gunakan untuk mengelola warisan geologi secara berkelanjutan.

“Beberapa aspek yang-dilindungi dan di kelola dalam kawasan ini antara lain sisi geologi, sisi hayati, dan sisi kultural. Ada tiga hal yang menjadi target utama dalam pembentukan wilayah. Yaitu aspek konservasi, Edukasi, serta promosi wilayah lokal melalui geo-tourism,” tutur Phil Hendricus Andy Simarmata.

Baca Juga: Bappeda Kota Palu Kembangkan Teknik Pengukuran Kualitas Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Berbasis Risiko

IAPI lanjut dia, berfungsi sebagai wadah pembinaan profesi, komunikasi, penelitian dan pengembangan. Juga onsultasi dan koordinasi antarahli perencanaan wilayah dan kota.

“Antara ahli perencanaan wilayah dan kota dengan ahli lainnya, lembaga masyarakat, swasta, pemerintah dan dunia internasional. Selain itu, IAP juga merupakan wadah untuk melindungi kepentingan masyarakat luas,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sulteng yang-diwakili Staf Ahli Bidang SDM Pengembangan Kawasan dan Wilayah Pemprov Sulteng Faridah Lamarauna, S.E, M.Si menyebutkan bahwa.

“Perencanaan adalah jawaban untuk masa depan yang dinamis. Sehingga perencanaan mesti adaptif dalam mengakomodir perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan masyarakat,” tutur Faridah.

Baca Juga: BAPPEDA Luncurkan Aplikasi untuk Perbaiki Data Semrawut di Kota Palu

“Jangan sampai perencanaan hanya terpaku dengan perkembangan teknologi tapi tidak-diintegrasikan dnegan kebutuhan dasar masyarakat,” tambahnya.

Dengan demikian, menurut dia, perencanaan yang baik adalah perencana yang dapat membangun tempat hidup yang aman, sehat, nyaman dan bahagia.

“Saya selaku pimpinan daerah menyambut gembira dan sangat mengapresiasi. Atas pelaksanaan kongres IAPI Sulteng sebagai momentum strategis. Untuk melaksanakan amanah ad/art organisasi secara patuh dalam rangka pertanggungjawaban kinerja pengurus lama. Pemilihan ketua baru dan perumusan keputusan-keputusan penting yang menentukan bagi eksistensi IAPI Sulteng,” kata Faridah.

Faridah berharap IAPI Sulteng dapat memberi andil dan manfaat bukan hanya bagi anggota, para ahli perencana yang-diwadahinya. Tapi juga bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat sulawesi tengah.

Baca Juga: Pemkot Palu Dorong Percepatan Pelaksanaan Misi Keempat Melalui Aplikasi TIPS Mantap

“Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kinerja yang-ditunjukkan IAPI Sulteng selama ini. Khususnya dalam memberi panduan perencanaan yang-dibutuhkan dalam penyusunan rencana tata ruang wilayah tingkat kabupaten/kota dan provinsi se sulawesi tengah,” ucapnya.

“Saya berharap pula agar IAPI Sulteng dapat melakukan advokasi dan pemberdayaan ke para anggota. Agar kompetensi perencanaan wilayah dan kota dapat-ditingkatkan melalui sertifikasi keahlian. Dan semoga dari sulawesi tengah ini akan muncul ahli perencanaan berkelas nasional, bahkan internasional,” harap Faridah.

Adapun kegiatan Kongres I IAPI Sulteng, bertajuk Ekspansi Asosiasi Profesi Dalam Mewujudkan Perencana Berlisensi.

Pada kongres tersebut secara aklamasi, Dr. Wildani Pingkan Hamzens ST, MT kembali terpilih sebagai Ketua IAPI Sulteng periode 2022-2016. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com