NewsNusantaraSulteng

Pemkot Palu Dorong Percepatan Pelaksanaan Misi Keempat Melalui Aplikasi TIPS Mantap

PALU, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kota Palu dorong percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi organisasi perangkat daerah melalui Aplikasi TIPS Mantap.

Reformasi birokrasi, merupakan salah satu tujuan dari Pemerintah Kota Palu sesuai dengan Misi Keempat. Yakni menciptakan pemerintahan yang professional dan selalu hadir melayani.

Sebagaimana tertera dalam Peraturan Daerah Kota Palu Nomor 4 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Palu Tahun 2021-2026. Untuk akselerasi pelaksanaan reformasi birokrasi, telah dikembangkan aplikasi TIPS Mantap.

Baca Juga: BAPPEDA Luncurkan Aplikasi untuk Perbaiki Data Semrawut di Kota Palu

TIPS Mantap merupakan singkatan dari Tabungan Ilmu Pengetahuan dan Skill untuk Manajemen Pengetahuan Reformasi Birokrasi Kota Palu.

“Iya saat ini, kami mengembangkan aplikasi TIPS Mantap yang bisa menjadi media manajemen pengetahuan, mulai dari pengumpulan, proses hingga transfer pengetahuan dan keterampilan,”kata Kabag Organisasi DR Ahmad Rijal Arma, S.E, M.M pada Kamis 25-08-2022.

Sebutnya, setiap ASN bisa dengan mudah menabung atau menyetorkan pengetahuan atau keterampilannya dalam media aplikasi TIPS Mantap, begitupun ketika akan mengakses pengetahuan dari stock of knowledge yang sudah tersedia di media penyimpanan digital.

Baca Juga: Gubernur Menyetujui Perubahan Bentuk Hukum PT Bangun Palu Sulawesi Tengah

Pemanfaatan teknologi informasi sehingga dapat di akses di manapun (nirbatas), kapan saja, dan tidak perlu menggunakan kertas (paperless).

Selain itu, aplikasi ini juga memilik fitur penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi perangkat daerah beserta pengunggahan bukti dukung implementasi, untuk selanjutnya-dilakukan penilaian oleh Inspektorat Kota Palu. Trend peningkatan nilai RB dan capaian per indikator dapat diakses oleh pimpinan OPD kapan saja dan dimana saja.

Pengembangan aplikasi TIPS Mantap merupakan salah satu inovasi Pemerintah Kota Palu yang diinisiasi oleh peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan VIII Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Support Car Free Day, Damkarmat Palu Gelar Kids Flying Fox di Vatulemo

Tugas yang harus-diselesaikan sebagai peserta pelatihan yakni membuat rencana aksi perubahan sebagaimana-diatur dalam Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 1008/K.1/PDP.07/2019 tentang Kurikulum Pelatihan Kepemimpinan Administrator.

Pelatihan kepemimpinan administrator sudah berjalan sejak awal Juni 2022 hingga saat ini. Setiap peserta pelatihan harus mengiktui proses pembelajaran selama 257 jam pelajaran atau 31 hari dan 540 jam pelajaran atau selama 60 hari kalender untuk implementasi aksi perubahan di tempat kerja masing-masing peserta pelatihan (off campus).

Sementara itu, Wali Kota Palu H.Hadianto Rasyid, S.E menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung rencana aksi perubahan ini, hal ini menjadi upaya Pemerintah Kota Palu serta memiliki prospek yang baik dalam meningkatkan performa dan kualitas kerja OPD.

Baca Juga: Wali Kota Palu Turun Tangan Tengahi Insiden Satpol PP Palu vs Seorang Jurnalis di Upacara HUT 77 Kemerdekaan RI

Untuk penguatan selanjutnya, saya siap mendukung dalam penganggarannya.

Senada dengan itu, Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido menyatakan dukungan dengan hadirnya aplikasi TIPS Mantap.

“Reformasi birokrasi menjadi isu strategis pemerintah Kota Palu. Hal ini, sesuai dengan misi keempat yakni menciptakan pemerintahan yang profesional dan selalu hadir melayani,”jelasnya.

Misi ke empat menetapkan indeks reformasi birokrasi sebagai indikator capaian tujuan. Olehnya, perlu upaya keras, kerja cerdas, dan kebersamaan seluruh ASN Pemerintah Kota Palu untuk mewujudkan reformasi birokrasi.

Baca Juga: Di Kota Palu, BPIP Dorong ASN Berhati Pancasila dengan Totalitas Memberi Pelayanan Publik

Untuk hal itu, di butuhkan sosialisasi dan penyebarluasan pengetahuan dan cara mewujudkan reformasi birokrasi bagi seluruh ASN lingkup Pemerintah Kota Palu.

Tentunya TIPS Mantap menjadi kanal distribusi untuk pembuka kebuntuan pengetahuan dan keterampilan. saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya. Dan support atas pelaksanaan aksi perubahan pelatihan kepemimpinan administrator. Akselerasi reformasi birokrasi Pemerintah Kota Palu melalui pemanfaatan aplikasi tips mantap” ucapnya.

Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti, S.Sos, M.M mengungkapkan kegembiraannya atas terbangunnya software TIPS Mantap. Aplikasi akan mempermudah dalam pelaksanaan evaluasi reformasi birokrasi di OPD. Mengingat Sekretaris Daerah merupakan Ketua Tim Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Palu.

“TIPS Mantap menjadi solusi sosialisasi dan internalisasi pelaksanaan reformasi birokrasi Pemerintah Kota Palu. Sehingga reformasi birokrasi menjadi gerakan bersama seluruh ASN Pemerintah Kota Palu. Karena itu, saya menilai, TIPS Mantap menjadi aksi nyata dalam mewujudkan misi keempat Pemerintah Kota Palu. Menciptakan pemerintahan yang profesional dan selalu hadir melayani,” pungkasnya. (ysf/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button