KesehatanNewsSulsel

Andi Sudirman Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin, Berikut Aturan Nataru 2021 di Sulsel

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID β€” Meski pandemi belum berakhir, kegiatan keseharian di Sulawasi Selatan dapat berjalan. meski harus dengan protokol kesehatan secara ketat menjelang Nataru 2021. Tetap dalam kondisi yang aman, nyaman dan kondusif. serta seluruh warga masyarakat Sulawesi Selatan dapat tetap terjaga dari kondisi penyebaran penularan COVID-19.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, meski tidak berlaku PPKM pada masa libur Nataru ini, masyarakat tetap wajib melaksanakan Aturan Nataru 2021. Sesuai dengan kebijakan pada level tingkat penyebaran COVID-19Β  dalam instruksi Mendagri. Kapolri, Panglima TNI dan juga edaran Gubernur serta Bupati/Walikota Se-Sulawesi Selatan. Hal ini untuk penanggulangan Covid-19, apalagi varian baru Omicron telah masuk di Indonesia.

Baca Juga: Plt Gubernur Minta Genjot Vaksinasi di Lima Daerah Terbawah Menjelang Nataru

β€œTentu kita sadari bersama varian baru Omicron telah teridentifikasi masuk di Indonesia. Kita berharap mudah-mudahan Sulawesi Selatan tetap terlindungi. Tetap dalam suasana tenang dan paling penting bagaimana warga masyarakat tetap patuh,” kata Andi Sudirman saat menjadi Inspektur Upacara pada Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin 2021. Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Lapangan Karebosi Makassar, Rabu, 23 Desember 2021. Sebanyak 4.670 personil disiapkan.

Ia menegaskan, Sulawesi Selatan dengan beberapa daerah yang masuk dalam level kategori 2, tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Demikian juga aturan terbaru dalam rangka menghadapi Natal dan pergantian Tahun 2021/2022,

Adapun beberapa imbaun kita di antaranya: 1) Perayaan Tahun Baru di larang di beberapa tempat, termasuk seperti di hotel. Pusat perbelanjaan/mall, tempat wisata, tempat keramaian umum lainnya, termasuk pengadaan panggung hiburan, petasan. Arak-arakan dan pawai dan lain-lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan di masa pergantian tahun.

Baca Juga: Kumpulkan Bupati dan Wali Kota, Plt Gubernur Sulsel Minta Turun ke Lapangan Pantau Harga dan Stok Kebutuhan Pokok Jelang Nataru

2) Kapasitas maksimal pengunjung tempat keramaian. Termasuk pusat perbelanjaan seperti mall dan lainnya tetap harus menjaga kondisi pada situasi 75 persen pengunjung. Dengan memberlakukan sistem buka tutup, dan tentu kita harapkan kepada TNI/Polri dan seluruh jajaran. Polisi Pamong Praja dan Dishub untuk melakukan pengaturan buka tutup sebagaimana di berlakukan. Untuk menjaga kondisi pengunjung dalam situasi yang diperkenankan dalam level 75 persen.

3) Pengunjung wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi di semua tempat termasuk rumah makan, pusat perbelanjaan/mall. Dan lainnya sehingga mudah pengontrolan warga masyarakat kita, kemudian.

Terakhir, 4) Melaksanakan kegiatan sosial-diizinkan beroperasi dengan maksimal pengunjung 50 orang.Β  dan wajib tetap menggunakan aplikasi PeduliLindung dengan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga: Wali Kota Danny Pomanto Tegaskan Tak Ada Perayaan Nataru

Harapan ia sampaikan kepada TNI-Polri dan seluruh instansi terkait dalam penanganan pergantian tahun dan Natal 2021 di kawal dengan baik.Β  aman dan tertib dan lancar dan terhindar dari praktek radikalisme, kekerasan dan narkoba serta lainnya.

Demikian juga masyarakat dapat turut menjaga keamanan lingkungan karena tentu tidak dapat terlaksana proses pengamanan tanpa ada dukungan secara luas dari lapisan masyarakat. Dan tentu kita berharap pelaksanaan pengamanan akan dengan arif dan bijaksana. dengan pendekatan persuasif kepada seluruh masyarakat, tokoh agama.Β  tokoh masyarakat dan tentu pada organisasi ikut berpartisipasi aktif untuk mendorong masyarakat dalam tertib protokol kesehatan termasuk pada Natal dan Pergantian Tahun baru ini.

Semua unsur mengawal bagaimana sistem penanganan pandemi. dengan melaksanakan vaksinasi massal di masyarakat-masyarakat kita termasuk menghabiskan waktunya untuk menjemput masyarakat dalam rangka pelaksanaan vaksinasi.

Baca Juga: PPKM Level 3 Batal Selama Nataru 2021, Ini Kata Danny

Hal ini sesuai Instruksi Presiden, yang menginginkan bagaimana capaian vaksinasi di akhir Tahun 2021 ini dapat tercapai 70 persen. Sehingga Herd Immunity dapat kita jadikan sebuah ikhtiar untuk melindungi masyarakat dan warga.

β€œKepada seluruh peserta apel saya ucapkan terima kasih tetap semangat, tentu saya yakin sekali bagaimana pengorbanan para TNI/Polri dan seluruh jajaran. Satpol PP, Dishub dan lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.Β  Telah menjaga situasi Kamtibmas di Sulawesi Selatan ini.Β  hingga dapat melaksanakan tugas melebihi dari panggilan tugas yang bukan merupakan tugas pokok dan fungsi dari institusi masing-masing,β€œ sebutnya.

β€œKita yakin capai 70 persen di akhir Tahun 2021,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button