MetroNewsPendidikan

Ini Aksi Nyata Relawan Massikola untuk Bantu Cerdaskan Kehidupan Bangsa

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID Banyak cara untuk membantu sesama dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satunya seperti yang dilakukan anak-anak muda yang tergabung dalam Makassar Siap Sekolah (Massikola).

Seperti halnya yang dilakukan hari ini, Selasa (23/8), relawan Massikola membantu proses pembelajaran terhadap anak-anak tidak sekolah dan yang putus sekolah yang berada di Kelurahan Bontomakkio, Kecamatan Rappocini.

Founder Massikola, dr. Udin Shaputra Malik mengatakan pihaknya menyasar anak usia sekolah yang tidak menempuh atau berhenti dari bangku pendidikan formal di kawasan padat penduduk.

“Cikal bakal terbentuknya Massikola sebagai bentuk aksi nyata anak muda Makassar untuk memberikan akses pendidikan dasar baca-tulis-hitung bagi anak-anak tidak sekolah dan putus sekolah,” ujar dr. Udin yang juga Ketua Forum Kolaborasi Kemanusiaan.

Baca juga: 14.700 Anak Putus Sekolah Kembali Bersekolah, Gubernur Andi Sudirman: Terus Kolaborasi

Adapun yang diajarkan oleh relawan Massikola. Yakni kemampuan membaca, menulis dan berhitung. Kata dr. Udin, relawan Massikola akan menjadi narahubung bagi masyarakat yang mengalami kesulitan di bidang pendidikan.

“Nanti kita akan mendata siapa saja anak yang bisa kami bantu untuk calistung. Jadi, para relawan Massikola ini adalah Narahubung masyarakat untuk membantu kesulitan para masyarakat di bidang pendidikan,” jelasnya.

Agar operasional Massikola lebih tersistematis dan terukur, kontainer yang berada di setiap kelurahan akan menjadikan lokasi belajar anak-anak yang telah teridentifikasi putus sekolah maupun yang putus sekolah.

Baca juga: Danny dan UNICEF Duduk Bersama Bahas Penanganan Anak Tidak Sekolah

“Di setiap kelurahan nanti akan di tempatkan beberapa relawan dari Massikola untuk membantu proses pembelajaran bagi adik-adik kita,” paparnya.

Selain itu, untuk menopang pembelajaran dan merangsang minat belajar mereka. Kontainer akan memanfaatkan sebagai taman baca.

“Di setiap kontainer di masing-masing kelurahan akan kami bentuk team dan perpustakaan mini. Jadi bukan hanya berfungsi sebagai posko cepat tanggap covid atau bencana. Kontainer juga nanti akan berperan sebagai taman baca untuk adik-adik kita,” terangnya.

Ia berharap semangat yang di tuangkan melalui aksi Massikola betul-betul dalam membantu warga Makassar menerima haknya atas pendidikan. Sekaligus menyukseskan salah satu cita-cita negara ini: mencerdaskan kehidupan bangsa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button