NasionalNewsNusantara

Diumumkan Pansel, Ini 14 Nama Calon Komisioner Komnas HAM 2022-2027

# Diajukan ke DPR Untuk Uji Kelayakan dan Kepatutan

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Panitia seleksi (Pansel) mengumumkan 14 nama calon komisioner Komnas HAM 2022-2027. Nama-nama calon komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), itu bakal-disetorkan ke DPR untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Para calon Komisioner Komnas HAM 2022-2027 itu, telah melewati lima tahapan seleksi. Yakni administrasi, tes tertulis obyektif dan penulisan makalah, dialog publik, psikotes, wawancara, dan tes kesehatan.

“Kami (Tim Pansel) yang bekerja sejak Januari 2022 menetapkan 14 nama calon anggota. Selanjutnya akan kita ajukan ke DPR untuk menjalani uji kelayakan,” kata Ketua Pansel Makarim Wibisono di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Selasa (23/8).

Baca Juga: Kepada Komnas HAM, Ferdy Sambo Mengaku Bersalah: Saya Merekayasa, Saya Otaknya

Ia juga menyebutkan awalnya ada 1.536 orang yang mendaftarkan diri. Namun, dari jumlah itu, hanya 112 orang yang melengkapi berkas persyaratan. Mereka terdiri dari 21 perempuan dan 91 laki-laki.

Kemudian terseleksi lagi menjadi 96 orang yang lolos administrasi. “Latar belakang pendaftar terdiri dari berbagai bidang. Di antaranya petahana anggota Komnas HAM RI, advokat, aktivis, akademisi, jurnalis, ASN, dan wiraswasta,” sdebut Makarim.

Ia juga menjelaskan, tahapan wawancara-dilakukan tatap muka antara para calon anggota Komnas HAM RI 2022-2027. Dengan Pansel Calon Anggota Komnas HAM RI.

Baca Juga: Kritik Ratusan Aparat Bersenjata Masuk Dogiyai, Komnas HAM Minta Tak Buat Ketegangan Baru

Sementara, Ketua Komnas HAM Taufan Damanik mengaku optimistis Pansel memberikan nama-nama calon anggota yang kredibel. Dalam memperjuangkan masa depan hak asasi manusia di Indonesia.

Ada pun 14 nama calon anggota Komisioner yang lolos dan akan di ajukan Pansel ke DPR untuk uji kelayakan dan kepatutan, yakni:  Abdul Haris Semendawai, Amiruddin Al Rahab, Anis Hidayah, Antonio Pradjasto Hardojo, Atnike Nova Sigiro; Beka Ulung Hapsara, Chrisbiantoro, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi; Putu Elvina, Rita Serena Kolibonso, Saurlin P Siagian, dan Uli Parulian Sihombing. (cn-cr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button