NewsPemilu 2024PolitikSulsel

Bupati Gowa Dampingi Pj Gubernur Sulsel Tinjau Proses Pencoblosan di TPS

# Apresiasi Penyelenggara Pemilu Datangi Penyandang Disabilitas hingga Sediakan Coklat bagi Pemilih

GOWA, NEWSURBAN.ID – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mendampingi Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin dan Kapolda Sulsel, Irjen. Pol. Andi Rian R Djajadi tinjau pelaksanaan pencoblosan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Gowa.

Adapun TPS yang dikunjungi yakni TPS 018 dan TPS 007 Kelurahan Pandang-pandang dan TPS 0007 Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Rabu (14/2).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, khusus di Somba Opu terdapat 393 TPS dengan jumlah DPT sebanyak 108.431pemilih. Dalam prosesnya pun para petugas TPS melakukan berbagai kreativitas agar pelaksanaan Pemilu berlangsung aman, baik dan berbeda. Misalnya, di TPS 007 Kelurahan Tombolo menggunakan baju adat.

Baca Juga: Bupati Gowa Gunakan Hak Pilihnya di TPS Dekat Rujab, Wabup di Kampung Halaman

“Saya sangat mengapresiasi teman-teman KPU dan Bawaslu yang telah mempersiapkan ini dengan baik dan masyarakat terlihat betul-betul menikmati fasilitas yang dimiliki dan pengaturan kertas suara cukup baik,” ungkapnya.

Dirinya optimis pelaksanaan Pemilu khususnya di Kabupaten Gowa akan berjalan sukses, lancar dan damai dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi.

Sementara, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengatakan, dia bersama Forkopimda Sulsel melakukan pemantauan di beberapa TPS kabupaten/kota salah satunya di Kabupaten Gowa.

“Kami pemerintah senang karena melihat teman-teman Pemda semua mulai di Makassar, Maros dan saat ini di Gowa teman-teman Pemda itu luar biasa mendukung suksesnya Pemilu. Apalagi memang secara Undang-Undang Pemilu memerintahkan bahwa kita pemerintah dan Pemda itu wajib mendukung suksenya pemilu,” ungkapnya.

Baca Juga: Harap Pelaksanaan Pemilu Aman dan Damai, Pemkab Gowa Dzikir dan Doa Bersama

Pada kesempatan tersebut dia menyebut antusias para petugas TPS sangat baik, mulai dari pakaian adat yang-digunakan hingga menyediakan coklat bagi pemilih pemula sehingga masyarakat yang hadir memilih merasa gembira.

“Alhamdulillah sampai siang ini semua lancar dan bahkan kita lihat suasana gembira, penuh kekeluargaan, jadi peradaban kita sebagai orang bugis makassar justru kelihatan dengan pakaian adat, kemudian saling menyapa, dan ada menyediakan coklat karena valentine adi kami sangat berterimakasih kepada tim dan pemerintah kabupaten/kota,” tambahnya.

Di tempat yang sama Kapolda Sulsel, Irjen. Pol. Andi Rian R Djajadi juga merasakan hal yang sama. Menurutnya salah satu TPS yang di kunjungi yakni TPS 007 Kelurahan Pandang-Pandang. Di mana pada TPS tersebut terdapat pemilih yang mengalami kondisi disabilitas. Sehingga penyelenggara atau petugas mampu bergerak cepat mengunjungi masyarakat yang bersangkutan.

Baca Juga: Bupati Adnan Minta Jajaran ASN Gowa Maknai Momentum Peringatan Isra Mikraj

“Di TPS 007 ini di antaranya ada pemilih dalam kondisi disabilitas yang sudah di bantu dengan kursi roda. Dan terbyata petugas KPPS sudah mendahului untuk mendatangi. Jadi di bantu proses pemungutan suaranya dan ada juga yang kita bantu untuk bisa lancar ke TPS menyalurkan hak suaranya,” tambahnya.

Lebih jauh, Irjen Pol. Andi Rian menyampaikan berdasarkan laporan yang masuk situasi di Sulsel masih aman dan kondusif. Sehingga di harapkan masyarakat bisa terus antusias datang ke TPS menyalurkan hak pilihnya.

“Laporan-laporan yang masuk semuanya kondisi dalam keadaan kondusif. Insya Allah mudah-mudahan masyarakat tetap antusias sampai dengan batas terakhir untuk hadir di TPS,” harapnya.

Pada peninjauan ini Bupati Gowa turut di dampingi Forkopimda Kabupaten Gowa, Camat Somba Opu. Dan, beberapa SKPD Lingkup Pemkab Gowa, Ketua KPU Kabupaten Gowa dan Ketua Bawaslu Kabupaten Gowa. (nh/*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button