NewsSulsel

Bupati Nganjuk Tertarik Belajar Pengembangan Pertanian Mandiri Benih yang Diinisiasi Gubernur Andi Sudirman

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Kabupaten Nganjuk dari Provinsi Jawa Timur melirik sejumlah inovasi Pemprov Sulsel di bawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan hal itu, usai menerima kunjungan Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Kamis 6 Juli 2023.

“Kami menerima kunjungan Bapak Bupati Nganjuk, Provinsi Jawa Timur sekaligus bersilaturahmi. Kami menyampaikan Sulawesi Selatan memiliki beragam suku, budaya, pariwisata, pertanian dan kekayaan alam yang melimpah,” ujar Andi Sudirman.

“Bapak Bupati melirik dengan sejumlah prioritas kami, seperti pengembangan wisata yang diintervensi melalu bantuan keuangan Provinsi ke Kabupaten/Kota, maupun program Mandiri Benih,” tuturnya.

Baca Juga: Air Bersih di Pulau Karumpa Tepenuhi Berkat Arsinum, Warga : Terima Kasih Pak Gubernur Andi Sudirman

Mandiri Benih merupakan program prioritas Pemprov Sulsel yang di inisiasi oleh Gubernur Andi Sudirman Sulaiman untuk memberikan bantuan benih padi gratis yang unggul. Benih yang di bagikan ke masyarakat minim penggunaan bahan kimia. Dan penangkaran di lakukan di Sulsel oleh Instalasi kebun benih milik Pemprov Sulsel bekerja sama dengan para petani penangkar.

Selama tahun 2022 hingga tahun 2023 ini, Pemprov Sulsel membagikan benih padi gratis untuk 200 ribu hektare lahan pertanian masyarakat.

Sementara itu, Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, memuji program Mandiri Benih yang di inisiasi oleh Gubernur termuda di Indonesia itu. Bahkan dia berencana untuk mengarahkan OPD terkait di daerahnya untuk belajar mandiri benih.

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman Lauching Mandiri Benih Tahap 3

“Ada beberapa poin yang kita ingin belajar (di Sulsel), termasuk pengembangan pertanian dan pengembangan wisata. Luar biasa. Kita lebih senior, tapi tidak salah kalau kita berguru pada yang muda-muda (Gubernur Andi Sudirman), untuk mengembangkan wilayah yang akan saya bawa ke Kabupaten Nganjuk,” bebernya.

Ia pun mengapresiasi sejumlah program Pemprov Sulsel yang lainnya. Termasuk kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

“Alhamdulillah saya mencoba untuk belajar Mas Gubernur (Andi Sudirman) karena masih muda, beliau orangnya energik, pintar, cerdas, ada beberapa point tadi kita pingin belajar. Keren pokoknya Sulsel,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button