MetroNewsSulsel

PPID Makassar Presentasi Keterbukaan Informasi Publik di Hadapan KI Sulsel

MAKASSAR, NEWURBAN.ID – Pemerintah Kota Makassar ikuti presentasi monitoring dan evaluasi (monev) keterbukaan informasi publik kategori pemerintah Kab/Kota yang diadakan Komisi Informasi (KI) Sulsel, yang digelar di Kantor Gubernur, Rabu (8/11/2023).

Makassar sebagai kota pertama, yang mengikuti presentasi monev, yang akan segera disusul oleh Kabupaten Gowa, Pangkep, Selayar dan Barru untuk hari pertama pelaksanaan.

Sekretaris Daerah Kota Makassar, M. Ansar, memaparkan visi dan misi serta capaian dari PPID Kota Makassar.

Baca Juga: DWP Kota Makassar Menerima Kunjungan Studi Tiru dari DWP Kota Palu

“Visi PPID Makassar yakni mewujudkan Makassar menjadi kota yang terbuka dan informatif,” ujarnya.

Selain itu, Sekda Kota Makassar juga menyampaikan bahwa misi PPID, yakni meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas, benar, dan bertanggung jawab. Membangun dan mengembangkan sistem penyediaan dan layanan informasi. Meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dan kualitas SDM dalam bidang pelayanan informasi. Mewujudkan keterbukaan informasi Pemkot Makassar dengan proses yang cepat, tepat, mudah, dan sederhana.

Dalam kesempatan yang sama, M Ansar menginformasikan terkait adanya Pakandatto, sebagai salah satu inovasi dari Wali Kota Makassar, dengan memanfaatkan whatsapp group, ssgala kondisi di Kota Makassar dapat terpantau dengan cepat.

Baca Juga: Layanan Publik Makassar Government Center Berfungsi Desember 2023

Berdasarkan hasil verifikasi sementara, ditemukan beberapa dokumen yang belum disertakan semisal LHKPN pejabat eselon dua lingkup pemkot Makassar.

Menanggapi hal tersebut, Sekda Kota Makassar memastikan bahwa LHKPN pejabat eselon dua telah lengkap dan akan segera dilengkapi.

Hal senada diungkapkan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Ismawaty Nur, menyampaikan bahwa telah melakukan penginputan, dan dilakukan secara kolaborasi dengan seluruh OPD, namun kendala yang dihadapi adalah setelah mengupload berkali-kali, kembali ke posisi semula, tidak terupload.

Baca Juga: Sekda Kota Makassar Hadiri Rakor Pengelolaan Sampah Stranas PK

“Awalnya dilakukan secara kolaborasi, secara bersamaan seluruh SKPD melakukan upload, namun setelah ditemukan kendala beberapa dokumen tidak terupload maka saat ini dilakukan oleh satu orang, dan akan segera dilengkapi,” lanjutnya.

Selain itu, diinformasikan pula akan dibangun Makassar Economic Virtual Center (Marvec), yang akan diwujudkan di akhir tahun 2023.

Selepas presentasi, Ketua KI Sulsel, Pahir Halim menyampaikan harapan agar Makassar mampu menjadi laboratorium dan contoh bagi seluruh Kab/Kota di Indonesia. Begitupun dengan keberadaan Pakandatto sebagai salah satu inovasi yang patut diapresiasi. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button