NewsPendidikanSulteng

Gebyar PAUD Kota Palu 2023, Sekkot Irmayanti: Upaya Pembinaan Anak Sejak Dini

PALU, NEWSURBAN.ID ‚ÄĒ Pemerintah Kota Palu berharap Gebyar PAUD Kota Palu 2023 dapat menjadi ajang pembinaan anak sejak dini.

Kegiatan itu,dibuka Sekertaris Daerah Kota palu Irmayanti mewakili Wali kota Palu, di apangan Watulemo, Rabu (18/01/2023). Hadir Dalam kegitan Bunda Paud Kota Palu Diah Puspita, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu. Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se_kota palu, insan pendidikan dan tenaga kependidikan Se Kota palu. Serta orang tua murid dan pendamping, anak-anak peserta Gebyar PAUD Se-Kota palu.

Irmayanti mengatakan, kegiatan ini, mengingatkan ekspresi seorang ibu yang terharu saat anaknya lahir. “Tak jarang yang meneteskan Air Mata. Doa yang ikhlas mengalir agar kelak anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, relijius, dan menjadi permata hati bagi keluarga,” kata Irmayanti.

Baca Juga: Wawali Palu Hadiri Launching Diskusi Publik Alokasi Anggaran Kelurahan Berbasis Ekologi

Ia mengajak seluruh peserta menyadari bawa anak adalah Aset. “Aset dunia dan akhirat. Anak adalah penerus kita, penerus bangsa, penerus umat manusia. Dan di masa dewasanya menjadi anak yang bermaanfaat bagi sesama dan alam semesta,” ucapnya.

Wali Kota Palu kata Irmayanti berharap melalui kegiatan ini, dapat menjadi ajang pembinaan anak sejak dini. “Mulai lahir sampai dengan usia enam tahun pendidikan, di lakukan melalui pemberian stimulasi. Untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani,” kata Irmayanti menyampaikan harapan Wali Kota.

Karena itu, kata dia, pendidikan anak usia dini harus dilakukan secara holistik dan integritas. “Ini, merupakan penanganan anak usia dini secara utuh dan menyeluruh. Mencukupi di dalamnya, layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan serta perlindungan,” katanya.

Baca Juga: LHP Kinerja Penyedia Air Minum dan Sanitasi Diserahkan BPK ke Pemkot Palu

Selain itu, juga untuk mengotimalkan semua aspek perkembangan anak secara terpadu oleh berbagaì pemangku kepentingan. Mulai dari level keluarga, masyarakat, kelurahan, kecamatan. Termasuk pemerintah Kota Palu.

“Untuk itu, harapan Wali Kota Palu PAUD Holistik Integritas, harus melibatkan seluruh elemen. Kita butuh harmonisasi dalam penanganan pendidikan anak,” katanya.

Ia lebih lanjut mengatakan, pembinaan anak, mulai dari lingkungan keluarga. Berlanjut ke sekolah dan Lingkunggan sekitar sebagai tempat berinteraksi juga harus senergi kondusif.

Baca Juga: Identifikasi Ide Kreatif Pemuda Palu, Wali Kota Hadi Gelar Pertemuan 15 Komunitas

“Pak Wali mengapresiasi Gebyar PAUD Kota Palu 2023. Karena event ini bisa menjadi sosialisasi pendidikan anak usia dini di kalangan masyarakat. Juga meningkatkan kreativitas serta kemandirian. Karena kegiatan produktif ini membuat anak-anak memiliki ruang untuk berekspresi dan berkreasi,” katanya lagi.

Karena itu, sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab, Pemerintah Kota Palu mengharapkan pola pendidikan anak mengarah holistik dan integritas.

“Pemeritah Kota Palu meningkatkan kapasitas pendidikan PAUD melalui pelatihan. Srta kepala sekolah magang nasional membangun taman serta ruang terbuka hijau yang ramah terhadap anak,” ungkapnya. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button