MetroNews

Prof Rasdiyanah Amir Berpulang, Bupati Bulukumba Sampaikan Belasungkawa Mendalam

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID Innalilahi wainnailaihi rajiun, salah satu srikandi pendidikan Sulawesi Selatan asal Kabupaten Bulukumba Prof Dr. Hj. Andi Rasdiyanah Amir berpulang ke Rahmatullah di Makassar, Kamis dini hari, 19 Januari 2022.

Perempuan kelahiran Bulukumba pada 14 Februari 1953 ini merupakan mantan Rektor IAIN Ujungpandang (sekarang UIN Alauddin Makassar). Selain itu, almarhumah pernah menjabat Dirjen Bimbingan Kelembagaan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Selain menjadi akademisi dan penulis, Prof Andi Rasdiyanah Amir juga di kenal sebagai sastrawan. Sejumlah tulisannya yang telah di bukukan, antara lain Kumpulan Puisi/Puitisasi Alquran (1965), Bugis Makassar dalam Peta Islamisasi Indonesia (1990), Integrasi Sistem Pangadereng (adat) dengan Sistem Syariat Sebagai Pandangan Hidup Orang Bugis dalam Lontarak LATOA (1999).

Baca Juga : Sambut Imlek 2023 Swiss-Belinn Panakkukang Makassar Sajikan Menu Spesial dan Paket Dinner Rp. 198 Ribu

Sehingga tak berlebihan jika Andi Rasdiyanah di sebut sebagai salah seorang intelektual, akademisi, dan sastrawati perempuan penting yang di miliki bangsa ini.

“Tentu kita amat kehilangan Prof Andi Rasdianah. Almarhumah adalah salah satu putri terbaik Bulukumba yang pernah ada,” ungkap Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf.

Lebih lanjut di katakan beliau almarhumah sangat patut di kenang oleh karena hingga kini pengabdian dan jejak keilmuannya juga banyak yang telah di wariskan terhadap putra Putri Bulukumba yang mencari ilmu di Makassar. Di ketahui pula dari didikan dan sentuhan tangannya banyak lahir generasi-generasi akademik asal Bulukumba.

“Yang membanggakan adalah beliau Putri pertama Rektor UIN dan rektor perempuan pertama di Indonesia Timur,” tambahnya.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Hadiri Pelantikan Rektor IPB Prof. Arif Satria

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bulukumba mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya, seraya mendoakan agar seluruh kebaikan yang telah almarhum tunaikan di balas oleh Allah dengan balasan yang berlipat ganda,” pinta Bupati Bulukumba.

Prof Andi Rasdiyanah pada masa kecilnya menempuh pendidikan dasar dan lanjutan pertama pada Muallimat Muhammadiyah di Bulukumba. Sebelum kemudian melanjutkan pendidikannya di Yogyakarta (1954-1963) pada Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta. Meraih kesarjanaan pada Fakultas Syariah Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Almarhumah Prof Andi Rasdiyanah di makamkan di Taman Makam Keluarga Al-Waqiah, Patallasang, Kabupaten Gowa, setelah sebelumnya jenazahnya di lepas di Kampus UIN Alauddin Makassar.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button