NewsSulsel

Pj Gubernur Sulsel Ajak Pengusaha Kapal Berkontribusi dalam Pengembangan Kawasan Ekonomi Pelabuhan

BONE, NEWSURBAN.ID – Pengusaha kapal yang ada di Kabupaten Bone dan sekitarnya, bersilaturahmi dengan Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, di Caralla Cafe, Jalan Lapawawoi Karaeng Sigeri, Bone, Selasa, 23 Januari 2024. Dalam pertemuan silaturahmi ini, Bahtiar mengajak agar para pengusaha kapal berkontribusi dalam pengembangan kawasan ekonomi pelabuhan.

Bahtiar menyampaikan mimpi besarnya untuk kejayaan Bone di sektor maritim. Ia berbagi visinya tentang bagaimana potensi pelabuhan dapat dimaksimalkan untuk mengangkat kembali kejayaan Bone sebagai pusat logistik. Sehingga dengan dukungan kabupaten/kota lainnya, dapat mewujudkan pengembangan Kawasan Ekonomi Teluk Bone dalam hal ini pelabuhan.

Dia percaya bahwa dengan memperhatikan infrastruktur pelabuhan yang baik dan mendukung serta meningkatkan kerjasama antara pemerintah daerah dan para pengusaha kapal lokal, potensi ekonomi di sektor ini dapat ditingkatkan secara signifikan. Serta memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat Sulsel.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel Bertekad Kembalikan Kejayaan Wija To Luwu Lewat Sektor Pertanian

“Seluruh hasil bumi kita tarik melalui pelabuhan laut, memang sekarang pelabuhannya sudah ada. Tapi sekarang hanya pelabuhan orang, bukan pelabuhan kontainer,” ungkapnya.

Bahtiar mengajak para pengusaha kapal berpatisipasi mengembangkan Kawasan Ekonomi Pelabuhan, area yang dikembangkan di sekitar pelabuhan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan perdagangan. Kawasan ini memiliki peran penting dalam memfasilitasi aktivitas logistik, industri, dan perdagangan internasional.

Dalam kawasan ekonomi pelabuhan, jelasnya, terdapat berbagai fasilitas dan infrastruktur yang mendukung kegiatan ekonomi. Contohnya adalah dermaga kapal-kapal kargo, gudang penyimpanan barang, fasilitas bongkar muat, serta sarana transportasi.

Baca Juga: 756 Penari Sambut Pj Gubernur Sulsel di HUT Luwu ke-756 dan HPLR Ke-78

Tujuan dari pengembangan kawasan ekonomi pelabuhan adalah untuk meningkatkan efisiensi distribusi barang dan meningkatkan daya saing wilayah tersebut dalam perdagangan juga dapat menjadi pusat industri atau manufaktur.

Termasuk mendukung program yang saat ini masif-dicanangkan, termasuk di Bumi Arung Palakka ini, yakni ketahanan dan kedaulatan pangan, seperti budidaya pisang cavendish untuk pengangkutan logistiknya via laut.

“Ini pisang cavendish kalau berbuah semua, kita mau bawa lewat mana, ya paling bagus lewat laut,” ucapnya.

Sementara, salah satu pengusaha kapal, Kamaruddin, menyatakan dukungannya. “Kami sangat dukung sebagai upaya menjadi perkembangan Bone luar biasa. Ini juga bisa memancing daerah lain bisa melalui Bone itu (logistiknya) luar biasa,” harapnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel Harap Saudagar Tana Luwu Pulang Kampung Berinvestasi

Dalam kesempatan yang sama, Pj Bupati Bone, Islamuddin melihat semangat dan dedikasi Bahtiar Baharuddin dalam mewujudkan mimpi tersebut. Dia menyambut baik ide-ide inovatif yang-disampaikan, dan berjanji akan memberikan dukungan penuh.

“Insya Allah, dalam waktu tidak lama, beliau punya mimpi yang sangat besar untuk mencoba mengembalikan kejayaan Bone. Punya program luar biasa dan wajib hukumnya saya selaku Pemkab Bone dan masyarakat Bone untuk mendukung dan mensupport kegiatan ini,” ucapnya.

Bone sendiri memiliki luas 4.559 km persegi, dengan garis pantai 138 km. Memiliki Pelabuhan Pattiro Bajo saat ini sebagai Pelabuhan Pengumpan Regional. Secara historis, Teluk Bone pernah menjadi jalur keluar masuk barang dari dan ke Pulau Sulawesi. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button