MetroNewsPendidikanSulsel

Investasi Pendidikan, Upaya Pemkab Gowa Tingkatkan Kualitas SDM

# Bupati Gowa Beri Kuliah Umum Ratusan Mahasantri

GOWA, NEWSURBAN.ID ‚ÄĒ Program Mahasantri Pemerintah Kabupaten Gowa yang telah lauching beberapa waktu lalu. Akhirnya memulai pembukaan kuliah di Ruang Rapat Senat Rektorat UIN Alauddin Makassar, Samata, Selasa (24/1). Ini salah satu program investasi pendidikan Pemkab Gowa.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan turut memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasantri. Terkait Kebijakan Pengembangan Sumber Daya Manusia Paripurna di Kabupaten Gowa.

Ia menyampaikan penentu dalam membangun suatu daerah bukan oleh sumber daya alamnya. Tetapi sumber daya manusianya. Di mana, tidak bisa menyandingkan investasi pendidikan dan infrastruktur yang bisa terlihat dalam waktu 1-2 tahun.

“Investasi pendidikan yang kita lakukan hari ini memang akan terlihat dalam waktu 10-15 tahun kedepan. Yang akan sangat berguna untuk anak dan cucu kita suatu saat nanti,” ungkapnya.

Baca Juga: KPU Lantik Anggota PPS, Wabup Gowa: Siap Sukseskan Pemilu

Adnan menyebut visi Kabupaten Gowa 2021-2026 ini yakni “Terwujudnya Masyarakat yang Unggul dan Tangguh dengan Tata Kelola Pemerintahan Terbaik”. Di mana salah satu misinya yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang unggul dan inklusif.

“Program mahasantri ini bagian dari misi Kabupaten Gowa untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Jadi kita memang konsen terhadap pengembangan SDM seperti program Mahasantri dan beberapa program lainnya,” sebut Adnan.

Adapun beberapa program prioritasnya dalam hal pengembangan SDM. Yakni pendidikan gratis; Investasi SDM Seperempat Abad; Pencerahan Qalbu Jum’at Ibadah; Peningkatan kapasitas imam masjid; Guru Agama; dan program satu desa/kelurahan satu sarjana.

Baca Juga: Bupati Gowa: Langkah Pengendalian Inflasi Perlu Kekompakan dan Kolaborasi Lintas Sektor

“Kita berharap melalui program-program tersebut dapat meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Gowa yang berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara,” harapnya.

Sementara Tim Pengelola Kelas Khusus Prodi Ilmu Quran kerjasama UIN dan Pemkab Gowa, Dr. Muhsin Mahfuzh mengatakan, pembelajaran akademik pada program mahasantri telah mulai sejak 2 Januari. Terbagi dalam tiga blok. Di mana blok pertama mulai 2 hingga 12 Januari, blok kedua 16 hingga 26 Januari dan blok ketiga pada Februari nanti.

“Kita gunakan sistem blok, karena perkualiahan semester ganjil sudah berjalan dan semester genap perkuliahan akan normal kembali,” jelasnya.

Baca Juga: Peringati Hari Kesadaran Nasional, Sekda Minta ASN Gowa Tingkatkan Kinerja

Lembaga mahasantri ini merupakan bagian dari program satu hafidz satu desa/kelurahan. Di mana dalam implementasinya, para mahasantri akan belajar dan menghafal Qur’an. Yang kemudian di tahun terakhir UINAM menyiapkan Pendidikan Kelas Khusus Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir yang memiliki kualifikasi hafiz Al-Qur’an dan akan menjadi lulusan UIN. Serta mendapat ijazah dari UIN.

Pada pembukaan kuliah ini turut-diikuti Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Hamdan Juhannis, para Wakil Rektor, Asisten Bidang Pemerintahan dan SKPD lingkup Pemkab Gowa. (NH/AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button