NewsSulteng

Kota Sunset Donggala Dikembangkan, Rusdy Incar Pelancong IKN

PALU, NEWSURBAN.ID ‚ÄĒ Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Tengah terus mengembangkan sektor pariwisata. Saat ini, tengah berjalan pengembangan Kota Sunset Donggala di Kabupaten Donggala untuk menarik kunjungan pelancong dari Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan itu, saat meninjau Pengembangan Kota Sunset dan Kota Wisata Donggala di Kabupaten Donggala, Senin (23/1). Mendampingi Gubernur, Bupati Donggala Kasman Lassa, Tim Ahli Bidang Investasi Tonny Tanusaputra, dan sejumlah pejabat.

“Tujuan pengembangan pembangunan Kota Sunset dan Donggala untuk menjemput wisatawan dari IKN nanti,” jelas Gubernur Rusdy Mastura.

Baca Juga: Temui Menteri ATR/BPN, Gubernur Rusdy Mastura dan Wali Kota Palu Sampaikan Sejumlah Masalah Pertanahan di Sulteng

Ia mengatakan, pengembangan Kota Sunset dan kawasan parawisata tidak lepas dari Potensi Donggala. Di mana Sunset di Dongala sangat indah yang bisa menjadi destinasi wisata, khususnya dari IKN.

“Oleh karena itu, kita¬† mempersiapkan kawasan wisata berkelas di Donggala. Sehingga masyarakat di IKN nanti terpikat datang berlibur ke Donggala,” jelas Rusdy Mastura.

Perancang kawasan ini, kata Rusdy adalah konsultan profesional. Selain, kawasan ini, pihaknya juga akan membangun kota alternatif yang mengarah pada pembentukan kota administratip di Donggala dengan rencana pemekaran Kabupaten Donggala.

“Kita persiapkan daerah ini, menjadi kawasan wisata, sehingga kita undang insvestor untuk membangu sarana Perhotelan. Sarana pendukungnya pemerintah harus siapkan, seperti bandara, pelabuhan. Sehingga akses sarana prasarana yang memadai mendukung parawisata di daerah ini,” jelasnya.

Baca Juga: Gubernur Rusdy Puji Anwar Hafid Perjuangkan Pembangunan Infrastruktur Sulteng

Karena itu, dia minta pengembangan kota Sunset ini bisa menjadi legesi. “Kebetulan Negeri ini cantik dan pesona wisata yang layak jual. Kita butuh konsultan yang bonafide dan profesional untuk membuat desian wisata Donggala sebagai kota sunset Donggala.

Gubernur Meminta beberapa Kabupaten Punya Ciri Khas Masing – Masing itu yang di Support untuk dikembangkan , Seperti Poso , Banggai , Toli Toli , kita Desine menjadi kota Pengembangan dengan Ciri khas tersendiri , kata Gubernur.

Kepada Kepala Bappeda Provinsi Sulteng, Rusdy minta agar dapat mengalokasikan anggaran yang memadai untuk pengembangan kawasan tersebut. “Karena PAD kita sudah meningkat dari Rp900 miliar menjadi Rp1,71 triliun. Ini yang membuat kita percaya dapat mewujudkan pengembangan kota sunset ini,” pungkasnya. (bap/ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button