NewsSulsel

BPKPD Bulukumba Terima Penghargaan Penyetor Pajak Tertinggi

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) menerima penghargaan sebagai salah satu kabupaten/kota Penyetor Pajak Pusat Tertinggi untuk wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara.

Kepala BPKPD Andi Sufardiman menerima langsung penghargaan dari Kepala Kanwil DJP Sulselbartra, Arridel Mindra. Penghargaan ia terima pada Tax Gathering 2023 berkemas Gala Dinner With Taxpayer di Ballroom Phinisi 2 Hotel Claro Makassar, Rabu, 8 Februari 2023.

“Alhamdulillah, Bulukumba salah satu kabupaten di wilayah Kanwil Pajak Sulsel, Sulbar dan Sultra dapat award sebagai penyetor pajak pusat tertinggi,” ungkapnya.

Baca Juga: Musrenbang Anak Bulukumba, Wabup Edy Manaf: Anak Masa Depan Bangsa

Dia mengatakan, prestasi ini merupakan peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya menempati peringkat ke 3 di wilayah kerja KPP Pratama Bulukumba.

Adapun jumlah setoran pajak pusat ke Rekening Kas Umum Negara (RKUN) untuk tahun 2022 sebesar Rp.45.809.493,029. Dan telah mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN).

“Kita harapkan dengan penghargaan ini, mampu meyakinkan pemerintah pusat atas upaya kita untuk membantu pemerintah pusat. Menambah penerimaan pusat dari sektor pajak khususnya PPH dan PPn,” terangnya.

Dari capaian itu, Sufardiman mengharapkan Kabupaten Bulukumba mendapatkan tambahan Dana Bagi Hasil Pajak (DBH-Pajak) dari pemerintah pusat.

Pada Gala Dinner Tax Gathering tersebut hadir 150 wajib pajak. Mereka merupakan wajib pajak terpilih yang menyumbang penerimaan Kanwil DJP Sulselbartra sebesar Rp5,3 triliun atau sebesar 30% dari penerimaan tahun 2022.

Baca Juga: Bupati Andi Utta Lepas Jemaah Umrah Bulukumba, Termasuk Dua Anak Juara MTQ Tingkat Provinsi

“Ada 150 wajib pajak terima penghargaan dari Kanwil DJP Sulselbartra. Itu dari wajib pajak badan, pribadi dan wajib pajak pemungut atau bendahara,” kata Kepala Kanwil DJP Sulselbartra, Arridel Mindra.

Pihaknya, kata Arridel mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada 150 wajib pajak pembayar PPh dan PPN terbesar di wilayah kerja Kanwil DJP Sulselbartra dari Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.

“Berkat mereka pula dapat tercapainya realisasi penerimaan pajak tahun 2022 sebesar Rp18.27 triliun. Dari target penerimaan pajak sebesar Rp14.65 triliun atau tercapai 124.67 persen,” ungkapnya.

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman Borong Produk UMKM Bulukumba

Lanjut Arridel, keberhasilan mengumpulkan penerimaan di tahun 2022 itu, merupakan kerja keras bersama. Dari semua pihak dan keberhasilan mengumpulkan penerimaan pajak 124.67%.

“Ini merupakan keberhasilan yang pertama kali dalam sejarah Kanwil DJP Sulselbartra sejak tahun 2014,” ungkapnya.

Secara kumulatif, tambahnya kinerja penerimaan pajak Kanwil DJP Sulselbartra sepanjang tahun 2022 secara konsisten menunjukkan peningkatan setiap bulannya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button