NewsPariwisataSulsel

Tugu Lalambate Tarantajo Ikon Budaya Wotu Jadi Penyangga Kabel, Masyarakat: Bentuk Pelecehan

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — Tugu Lalambate Tarantajo beralih fungsi menjadi tiang penyangga kabel-kabel. Tugu Wotu tepatnya di Desa Lampenai, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan itu salah satu ikon kebanggaan masyarakat Wotu terlihat sudah tidak indah dipandang mata.

Tugu yang di bangun atas swadaya masyarakat Wotu di tahun 90-an adalah simbol pemersatu masyarakat wotu. Menurut Abd Jalalil Ikram, oknum yang melakukan sebagai bentuk melecehkan fungsi tugu sebagai ikon budaya.

“Hal ini menyakiti banyak perasaan Masyarakat Wotu yang seolah-olah Ikon ini tidak lagi berharga di mata para pihak yang menjadikan tugu Lalambate Tarantajo menjadikan penyangga kabel,” tegas Ketua Ipmalutim Komisariat Wotu, Jumat 03 Maret 2023.

Tugu memiliki falsafah dalam bahasa Wotu “Lalambate Tarantajo” yang artinya Bersatu Kita Teguh dan Bercerai Kita Runtuh.

Baca juga: Rumah Adat Wotu Habiskan Dana Miliaran Terancam Jadi Rongsokan

Ikram menjelaskan ungkapan itu yang sudah membudaya dengan membuktikan dari dulu di tanah air Indonesia menggunakan semboyan yang sama dalam menghadapi penjajah.

Di mana di atas monument ada pajung atau payung, yang bagi orang Luwu itu memiliki nilai historis yang tinggi sebagai pelindung bagi rakyat.

“Tapi, apa yang terjadi sekarang ini. Pemandanganya cukup memiriskan, tugu yang menjadikan ikon peninggalan budaya terlihat rusak secara simbolis menjadikan penyangga kabel-kabel,” ungkapnya.

Ikram mengecam tindakan itu dan akan melakukan langkah-langkah khusus jika melihat adanya unsur pelanggaran hukum yang dilakukan oleh para pihak yang melakukan penyalangunaan ikon Tugu Wotu sebagai penyangga kabel.

Baca juga: Plt Kadis Kominfo Sulsel Jadi Narasumber Seminar Inacraft 2023, Bahas Warisan Budaya Tak Benda

“Maka kami tidak akan segan-segan mengambil tindakan hukum jika itu di perlukan. Serta beberapa hari kedepan kami akan melayangkan surat kepada pihak-pihak terkait untuk mengambil langkah sebagai upaya penyelesaian. Hal ini sudah meresahkan Masyarakat Wotu,” tuturnya.

Sementara Camat Wotu Iskandar Muda, baru mengetahui hal itu. Ia mengaku akan menindaklanjuti atas keluhan masyarakat Wotu tentang Tugu Lalambate Tarantajo menjadikan penyangga kabel.

“Insya Allah, hari Senin kami akan surati pihak terkait dinda,” singkatnya melalui sambungan telepon.

Kabel-kabel yang di maksud menjadikan Tugu Lalambate Tarantajo sebagai penyangga. Di antaranya kabel PLN, Indi Home dan Televisi prabayar yang ada di Kecamatan Wotu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button