MetroNewsPariwisataSulsel

Danny Pomanto dan Tokoh Masyarakat Toraja Tanam Pohon di Wisata Sa’pak Bayo-bayo Sangalla”

TORAJA UTARA, NEWSURBAN.ID – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menyempatkan diri berkunjung ke salah satu destinasi wisata yang ada di Tanah Toraja.

Kegiatan tersebut dilakukannya usai menghadiri acara peringatan 110 Tahun Injil Masuk Toraja (IMT) yang dihelat di Tongkonan Sangulele, Toraja Utara siang tadi, Rabu (15/03/2023).

Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto bersilaturahmi dengan masyarakat yang bermukim di sekitar Wisata Sa’pak Bayo-Bayo. Adapun Wisata ini terletak di Lembang Lampio, Kecamatan Sangalla’, Kabupaten Tana Toraja.

Selain masyarakat, tokoh adat, berbagai kepala kampung, hingga pendeta turut hadir menyapa dan berbagi bersama Danny Pomanto.

Turut hadir pula Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo bersama anggota DPRD Kota Makassar lainnya.

Baca juga: Hari Kopi Nasional! OPD Pemprov, IKA UNHAS dan Dekopi Dorong Kopi Sulsel Mendunia

Salah satu Kepala Lembang Saloallo, Ibrahim Adam mengucapkan terimakasih atas kunjungan Danny Pomanto.

Pada sesi sharing yang digelar, Ibrahim mengaku bangga dan takjub dengan inovasi-inovasi Danny Pomanto yang dijalankan di Kota Makassar.

Salah satu yang di jelaskannya adalah program lorong wisata (Longwis) sebagai salah satu solusi percepatan pertumbuhan ekonomi, pendidikan, hingga kesehatan.

“Kami sangat antusias karena kami tahu Pak Wali ini adalah keluarga kami yang tinggal Di Makassar. Ketika saya jalan-jalan saya takjub dengan kota yang dulu tampak kumuh di beberapa tempat disulap jadi lorong wisata,” jelasnya.

Baca juga: Wali Kota Makassar Sampaikan Sambutan di Magical Toraja 2022

Dia lantas mengungkapkan harapannya agar kiranya Danny lebih sering berkunjung ke Toraja. Sehingga dia  dapat berbagi inovasi serupa Longwis untuk diterapkan di Toraja.

“Kalau boleh Pak Wali, inisiatif yang dilakukan di Makassar agar-dikembangkan di Toraja juga. Kalau bisa Se-Sulawesi selatan,” harapnya.

Menanggapi itu, Danny Pomanto mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat seluruh masyarakat, tokoh, dan para lembang setempat.

Danny menjelaskan sejatinya sebuah desa atau kelurahan dapat berkembang dengan baik bergantung dari lembang atau pemimpinnya sendiri.

Baca juga: Dari Ketua RT RW, Kepala Daerah, Menteri, Hingga Calon Presiden Hadiri Pernikahan Putri Sulung Wali Kota Makassar

Sehingga, lanjut Danny Pomanto, untuk mengembangkan lembang dari sisi ekonomi misalnya, perlu integritas dari pemimpin ke masyarakatnya.

“Kekuatan ekonomi di seluruh lembang atau desa adalah hal yang paling inti. Kunci perkembangan kota atau lembang ada pada lembangnya, pemimpinnya,” jelas Danny.

Usai melakukan diskusi singkat. Danny bersama para tokoh masyarakat selanjutnya melakukan penanaman sikas di Taman Wisata Sa’pak Bayo-Bayo Sangalla’ Tana Toraja. Sebanyak dua tanaman sikas di tanam di taman wisata tersebut.

“Saya berharap wisata ini bisa terus berkembang. Nuansa sunyi dengan air yang terus mengalir. Saya kira ini adalah nyanyian alam yang indah, semoga kita semua diberkati,” tutur Danny.

Baca juga: Wali Kota Makassar Sampaikan Sambutan di Magical Toraja 2022

Sebelmnya, Wisata Sa’pak Bayo-bayo Sangalla merupakan destinasi wisata dengan perpaduan nuansa budaya Toraja dan religius.

Di dalamnya, terdapat Taman Devosi untuk berdoa, Diorama Penyaliban Yesus, dan Jalur Jalan Salib juga sungai dan nuansa pohon yang rindang.

“Saya merasa sangat luar biasa datang ke sini. Karena saya sendiri senang dengan alam. Di sini juga ada batunya, ada guanya. Sangat cocok sebagai tempat wisata religius,” ujar Danny. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button