NewsPemilu 2024Politik

Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud MD Resmi Mendaftar Sebagai Capres-Cawapres ke KPU

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Anies-Muhaimin) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (Ganjar-Mahfud MD) resmi daftar di KPU, Kamis (19/10).

Muhaimin tiba di kediaman Anies di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis pagi. Keduanya berbincang sebentar sebelum Anies meminta doa restu ibundanya sebelum berangkat ke DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Dari DPP PKS, Anies-Muhaimin akan menuju Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), ke NasDem Tower di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, kemudian ke kantor KPU RI.

Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, mengatakan prosesi pendaftaran bakal pasangan capres dan cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengusung konsep pesta rakyat saat mendaftar ke kantor KPU RI di Jakarta.

“Suasananya adalah suasana festival, suasana pesta rakyat. Ada Reog Ponorogo, ada tanjidor, ada komunitas Tionghoa yang menyumbangkan barongsai, dan beberapa kesenian daerah,” kata Sudirman Said sebagaimana dilansir kantor berita Antara.

Baca Juga: PDIP Pilih Mahfud Jadi Cawapres, Ganjar: Ini Saatnya, Dulu Tak Jadi

Sudirman menyebut akan ada sejumlah relawan yang mengawal prosesi pendaftaran Anies-Muhaimin dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah.

Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Hasanuddin Wahid, mengatakan bahwa relawan Anies-Muhaimin akan mengawal pendaftaran bakal pasangan calon itu dengan damai dan tidak membuat keributan dengan pendukung kubu lain.

“Kami mohon izin kalau jam 08.00 pagi, pasangan Anies dan Muhaimin dulu yang melakukan pendaftaran di KPU,” kata Hasanuddin.

Saat memperkenalkan pasangan ini kepada KPU dan publik, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, berkata koalisinya berharap pemilihan presiden dan wakil presiden tidak akan menimbulkan perpecahan masyarakat. Dia juga berharap agar KPU bisa bekerja sesuai tugas dan batas kewenangan mereka.

“Kami punya keyakinan dan harapan bahwa pemilu yang berlangsung 14 Februari 2024 akan berlangsung secara tertib, tenang, diikuti partisipasi publik yang lebih hebat. Kami berharap pemilu yang akan kita jalankan akan berjalan sesuai harapan,“ ujar Surya Paloh.

“Di atas semuanya Koalisi Perubahan bertekad tidak hanya memenangkan pemilu semata, tapi dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Solidaritas sesama anak bangsa tidak perlu rusak karena pemilu. Kami yakin ini bisa kita capai,“ tuturnya.

Pesan serupa juga dikatakan oleh Anies. Dalam acara pendaftaran tersebut, dia berharap KPU bisa menyelenggarakan pilpres secara jujur dan adil.

“Kami percaya di bawah kepemimpinan Bapak dan Ibu anggota KPU, pemilu bisa berjalan tertib, jujur, adil, sehingga menghasilkan hasil yang kredibel di depan seluruh rakyat,“ kata Anies.

Baca Juga: Tim Satgas Santri Dukung Ganjar Sulsel Salurkan Bantuan Para Korban Kebakaran di Bone

‘Pemilu pasti berpotensi memicu konflik’ Merespons Surya Paloh dan Anies Baswedan, Ketua KPU Hasyim Asy’ari berkata pemilu pasti akan selalu berpotensi memicu konflik. Kunci mengatasi potensi perpecahan akibat pemilu, menurutnya, masyarakat mesti menyadari nilai kebersamaan sebagai sesama masyarakat Indonesia.

Di sisi lain, Hasyim berkata bahwa pejabat KPU bertekad bekerja sesuai prinsip pemilihan umum. “Kami mohon doa karena kami harus kuat menjaga diri dalam kompetisi ini,“ kata Hasyim.

Selain berbicara tentang pentingnya netralitas para penyelenggara pemilu, Anies sempat memaparkan secara singkat tawaran kebijakan yang akan dia bawa dalam pilpres kali ini.

Merujuk nama koalisi yang mengusungnya, Anies menyebut menawarkan janji perubahan dalam konteks kesejahteraan bagi berbagai kalangan.

“Kami membawa gagasan perubahan, perubahan untuk dirasakan keluarga-keluarga di Indonesia,” kata Anies.

“Kami ingin kebutuhan pokok menjadi terjangkau. Para petani, peternak, dan nelayan hidup lebih sejahtera. Kami ingin ada kesetaraan kesempatan: kesempatan untuk bekerja, mendapatkan masa depan lebih baik lewat pendidikan, perlindungan kesehatan yang lebih baik.

“Gagasan dasarnya adalah perubahan menghadirkan kesetaraan dan keadilan,“ ujar Anies soal kebijakan yang akan dia tawarkan dalam tahap kampanye pilpres.

Ganjar-Mahfud MD Mendaftar ke KPU

Selain Koalisi Perubahan, koalisi partai bakal pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Juga mendaftar sebagai calon peserta Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (19/10).

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik mengaku sebelumnya telah menerima surat pemberitahuan dari koalisi partai politik pengusung bakal capres Ganjar. Untuk mendaftarkan pasangan capres dan cawapresnya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Koalisi atau gabungan parpol PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo telah menyampaikan surat pemberitahuan. Rencana pendaftaran bakal pasangan capres-cawapres ke KPU pada hari Kamis, 19 Oktober 2023 jam 11.00 WIB sampai dengan selesai,” ujar Idham.

Mahfud yang datang bersama istri mengenakan celana warna hitam dan kemeja putih yang ia pesan pada Pilpres 1998 lalu. Sementara Ganjar yang juga datang bersama istri mengekankan kemeja hitam dan celana hitam. (bc/*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button